9 Panggung Rakyat Disediakan saat Pernikahan Kaesang dan Erina

Tidak ingin menyulitkan, tapi ingin mendekatkan masyarakat

Surakarta, IDN Times - Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadali, dan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno berkunjung ke Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (20/11/2022).

Kunjungan tiga Menteri Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut untuk melakukan persiapan menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

1. Disediakan 9 panggung untuk rakyat

9 Panggung Rakyat Disediakan saat Pernikahan Kaesang dan ErinaTinjauan tiga menteri Presiden Jokowi di Pura Mangkunegaran. (IDN Times/Larasati Rey)

Sekitar pukul 11.05 WIB, ketiga menteri tersebut datang ke Pura Mangkunegaran Solo. Erick Thohir, Bahlil, dan Pratikno terlihat berkeliling di sekitar kawasan pendapa Pura Mangkunegaran.

Kepada wartawan, Erick Thohir mengatakan, saat pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi akan ada festival dan 9 panggung untuk masyarakat. Ditanya soal lokasi panggung tersebut, Erick enggan merinci.

"Tapi ada festival kecil nanti, ya ada 9 panggung buat masyarakat, jadi kemeriahan itu dirasakan juga oleh masyarakat Solo. Karena Bapak (Presiden Jokowi) kan memang memang di Solo sebelumnya. Ya, pesta rakyat," ungkapnya usai tinjauan.

2. Siapkan alur kedatangan tamu

9 Panggung Rakyat Disediakan saat Pernikahan Kaesang dan ErinaMenteri BUMN, Erick Thohir. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Erick menjelaskan, kedatangannya ke Pura Mangkunegaran selain untuk persiapan pernikahan juga untuk berkoordinasi ihwal pelaksanaan festival pendukung pernikahan.

"Memang ini kan dua yang harus dipesiapkan. Satu nanti kan juga ada hiburan buat masyarakat ada festival-festival kecil, tetapi juga ada pernikahan," katanya.

Erick menyatakan jika persiapan di Pura Mangkunegaran dipimpin langsung oleh KGPAA Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo. Adapun, persiapan semuanya sudah berjalan dengan baik.

"Tinggal nanti kita perbaikanlah hal-hal yang kecil tadi ngecek panggungnya di mana perputaran nanti tamu, di mana masyarakat juga yang nanti juga ikut serta, supaya semuanya baik itu jangan sampai ada acara besar malah menyulitkan masyarakat, ini justru ingin bersatu dengan masyarakat," ungkapnya.

Ditanya soal tanggal pernikahan dan pelaksanaan acara tersebut, Erick kembali enggan menjawab. Ia mengatakan jika hal detail akan diberitahukan selanjutnya.

3. Pura Mengkunegaran siap untuk acara pernikahan.

9 Panggung Rakyat Disediakan saat Pernikahan Kaesang dan ErinaPura Mangkunegaran. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, KGPAA Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo mengaku jika pihak Pura Mengkunegaran akan memberikan dukungan untuk kegiatan kenegaraan tetapi tetap akan menjaga pakem-pakem yang berlaku di Mangkunegaran.

"Kita support yang salah satu kegiatan acara kenegaraan juga, bisa dibilang jadi apa yang kita bisa support dari Mangkuegaran tentu kita akan support dengan sebaik-baiknya. Tentu dengan tetap menjaga pakem-pakam yang berlaku di Mangkunegara juga," ungkapnya.

Ditanya soal pemugaran menjelang pernikahan Kaesang dan Erina, Gusti Bhre mengaku tidak ada.

"Mboten (tidak). Saya rasa kami dari Mangkungeran kita support apa yang kita bisa dan kondisinya kan memang masih cukup baik," pungkasnya.

Baca Juga: Gibran Pastikan Pernikahan Kaesang Erina Tidak Menutup Jalan di Solo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya