Alasan Gibran Parkir Mobil Dinas di Viaduk Gilingan: Kesal sama Warga

Wisatawan malah dilewatkan rel kereta api

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyatakan alasan dirinya meninggalkan kendaraan dinas di lokasi sisi Barat proyek pembangunan Viaduk Gilingan pada Rabu (25/4/2023) Sore. Yakni, mengarah pada kebiasaan buruk warga di sekitar proyek.

1. Warga suka mendobrak pagar seng proyek

Alasan Gibran Parkir Mobil Dinas di Viaduk Gilingan: Kesal sama WargaMobil Dinas Gibran Rakabuming di proyek Viaduk Gilingan. (IDN Times/Larasati Rey)

Gibran mengaku kesal dengan ulah warga yang sering menjebol pagar seng pembangunan proyek Viaduk Gilingan, hanya untuk mendapatkan akses jalan. Padahal semestinya, lokasi proyek tersebut ditutup seng agar tak menganggu aktivitas warga setempat.

"Wes tau delok video warga dobrak seng penutup (sudah pernah lihat video warga mendobrak pintu penutup seng)? Ojo aneh-aneh (jangan macam-macam), itu lagi ada proses kontruksi, banyak alat berat. Nek pengen keno backhoe lewato ora opo-opo (kalau pengin terkena backhoe, lewat saja, gak apa-apa). Fungsinya ditutup itu ada maksudnya," kata Gibran, Kamis (27/4/2023).

Baca Juga: Gibran Enggan Ikuti Keppres Jokowi Soal ASN Work From Anywhere

2. Nekat buka parkir dan arahkan pengunjung lewat rel kereta api

Alasan Gibran Parkir Mobil Dinas di Viaduk Gilingan: Kesal sama WargaProyek pembangunan Viaduk Gilingan. (IDN Times/Larasati Rey)

Tak hanya itu, Gibran juga geram dengan sejumlah oknum parkir yang nekat membukakan lahan parkir demi kepentingan pribadi. Selain itu, pembukaan lahan parkir tak berizin tersebut dinilai tak bertanggung jawab atas keselamatan pengujung Masjid Sheikh Zayed yang tidak tahu-menahu soal tersebut.

Menurutnya, pengunjung diarahkan untuk melewati jalan kereta api dan proyek yang penuh dengan alat berat.

"Apalagi dibuat parkir, mengarahkan orang luar kota yang gak tahu jalan untuk parkir di sana, itu salah. Pengunjung itu kan gak tahu apa-apa, kalau diarahkan ke situ yo kesenggol backhoe yo rumah sakit (ya terkena backhoe, ya masuk rumah sakit). Atau malah dilewatkan rel, saya juga tidak suka. Mengarahkan pengunjung kok ke tempat-tempat berbahaya," tegasnya.

3. Masalah sudah teratasi

Alasan Gibran Parkir Mobil Dinas di Viaduk Gilingan: Kesal sama WargaProyek pembangunan Viaduk Gilingan. (IDN Times/Larasati Rey)

Gibran enggan menjabarkan masalah lain di lokasi tersebut. Kendati demikian, masalah parkir liar yang menghalangi akses jalan proyek Viaduk Gilingan saat ini diklaim sudah teratasi.

"Sing penting sekarang (masalah) sudah selesai," ungkapnya.

Gibran mengatakan, jika pembangunan proyek Viaduk Gilingan akan selesai pada bulan Mei 2023. Dengan selesainya proyek tersebut, ia menjamin akan berdampak pada perekonomian warga masyarakat sekitar.

Baca Juga: Gibran Tinggalkan Mobil Dinas di Proyek yang Jadi Lokasi Parkir Liar 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya