Baru! Taman Pracima Tuin Buka Maret 2023, Tempat Wisata di Solo Guys

Ada sajian khas kuliner Mangkunegaran juga, lho

Surakarta, IDN Times - Adipati Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo menemui Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di balai kota, Kamis (12/1/2023). Pertemuan yang digelar tertutup selama dua jam tersebut ikut mengajak pengusaha muda Solo, Kevin Nugroho.

1. Bicarakan proyek pembukaan Taman Pracima Tuin

Baru! Taman Pracima Tuin Buka Maret 2023, Tempat Wisata di Solo GuysKGPA Mangkunegara X bertemu Gibran Rakabuming. (IDN Times/Larasati Rey)

Usai beraudiensi, Bhre mengatakan jika pertemuannya dengan putra sulung Presiden joko "Jokowi" Widodo tersebut membahas tentang sejumlah event yang akan diadakan di Mangkunegaran. Selain itu juga soal rencana pembukaan Pracima Tuin, obyek wisata taman di Pura Mangkunegaran.

"Tadi bicara tentang acara budaya dan pengembangan pengembangan Mangkunegaran tahun ini. Tanggal 21 Januari 2023 kita akan soft opening dulu (Pracima Tuin)," katanya.

Meski dibuka, Bhre mengaku jika taman yang berada di belakang bangunan utama itu belum beroperasi 100 persen. Hal itu dikarenakan masih ada aspek operasional yang perlu dipersiapkan terlebih dulu.

Baca Juga: Revitalisasi Pura Mangkunegaran, Mangkunegara X Kolaborasi Dengan BUMN

2. Akan dibuka pada bulan Maret 2023

Baru! Taman Pracima Tuin Buka Maret 2023, Tempat Wisata di Solo GuysTaman Pracima Tuin, Pura Mangkunegaran (IDN Times/Larasati Rey)

Bhre berharap pada bulan Maret 2023 bisa dilakukan pembukaan resminya. Meski dibuka resmi, pengunjung Taman Pracima akan dibatasi.

"Bukannya kita buka secara perlahan, tapi dengan pembatasan pembatasan dulu saat ini. Harapannya bulan Maret bisa dibuka," ungkapnya.

Selain membuka taman Pracima, Pura Mangkunegaran ikut memperkenalkan kuliner khas Mangkunegaran, sekaligus pengenalan restoran yang berada di dalam area taman Pracima.

"Kuliner yang kita kaji itu lebih ke makanan kesukaan Mangkunegara Mangkunegara terdahulu sebelum saya. Kita ambil dari arsip-arsip, kita repackage dan kita kemas untuk lebih menarik," jelasnya.

Kuliner khas Mangkunegaran yang ditawarkan di antaranya dendeng, garang asem, dan masih banyak lagi. Bhre menambahkan, nantinya juga ada beberapa paket yang lebih menjaring banyak pengunjung.

"Kita buat paket paket by reservasi. Semua by reservasi dan nanti tergantung berapanya," pungkasnya.

3. Pracima Tuin akan menjadi destinasi baru

Baru! Taman Pracima Tuin Buka Maret 2023, Tempat Wisata di Solo GuysPotret Taman Pracima Pura Mangkunegaran (instagram.com/rbeatsntravels)

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka menyambut baik rencana pembukaan awal Pracima Tuin sebagai destinasi baru di Kota Solo. Ia menjelaskan, jika taman yang memiliki bentuk arsitektur campuran Jawa dan Belanda tersebut akan dibuka pada bulan Maret 2023.

"Menunya tadi sudah saya lihat bagus-bagus semua. Untuk Pracima seperti Kanjeng Gusti Bhre tadi, masih soft opening. Ditunggu sampai Maret 2023, ya," pungkasnya.

Baca Juga: Taman Pracima Tuin, Ikon Wisata Baru di Pura Mangkunegaran Solo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya