Comscore Tracker

Revitalisasi Pura Mangkunegaran, Mangkunegara X Kolaborasi Dengan BUMN

Sebagai upaya melestarikan bangunan cagar budaya.

Surakarta, IDN Times - Rencana revitalisasi Pura Mangkunegaran diklaim Mangkunegara X mendapat support yang sangat baik dari BUMN. Dalam waktu dekat, akan ada beberapa kerjasama yang dilakukan pihak Pura Mangkunegaran dengan BUMN, khususnya tentang revitalisasi fisik bagian luar Pura Mangkunegaran.

Revitalisasi Mangkunegaran sediri dilakukan sebagai salah satu upaya untuk melestarian dan melindungi kawasan Cagar Budaya di Kota Solo.

Baca Juga: 6 Potret GPH Bhre Cakrahutomo Saat Dinobatkan Sebagai Mangkunegara X

1. Menunjang pariwisata di Kota Solo

Revitalisasi Pura Mangkunegaran, Mangkunegara X Kolaborasi Dengan BUMNKGPAA Mangkunegara X. (IDN Times/Larasati Rey)

KGPAA Mangkunegara X mengatakan jika revitalisasi nantinya akan difokuskan pada sisi luar bangunan Mangkunegaran. Hal ini bertujuan untuk menunjang pariwisata di Kota Solo.

"Kami mencoba menghidupkan sisi luar Mangkunegaran. Agar lebih produktif. Sehingga kegiatan Mangkunegaran akan lebih aktif secara menyeluruh. Baik untuk pariwisata maupun kegiatan kebudayaan lainnya," katanya usai kegiatan Upacara dan Festival Bakti BUMN di Pameran Mangkunegaran, Rabu (17/8/2022).

Lebih lanjut, Mangkunegara X mengaku bakal lebih aktif mengadakan berbagai kegiatan yang bisa dihadiri masyarakat. Tujuannya, ingin mendekatkan Pura Mangkunegaran dengan masyarakat. Harapannya, Pura Mangkunegaran bisa menjadi bagian kehidupan sehari-hari masyarakat Kota Bengawan.

"Salah satunya, upacara kemerdekaan yang dilakukan hari ini (kemarin). Ke depan kami ingin mengadakan banyak acara. Kami ingin membuka diri untuk umum. Bukan terbatas kalangan tertentu," katanya.

2. Salah satu prioritas program relawan BUMN.

Revitalisasi Pura Mangkunegaran, Mangkunegara X Kolaborasi Dengan BUMNJumpa pers kegiatan relawan BUMN di Pura Mangkunegaran. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang TJSL Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono mengatakan pihaknya siap support dalam revitalisasi Pura Mangkunegaran. Bentuk dukungannya tergantung program yang direncanakan Mangkunegara X. Setelah melihat program tersebut, BUMN bakal mendukung dari sisi yang sesuai. Baik dalam jangka panjang maupun pendek.

"Akan kami kolaborasikan dengan Indonesian Financial Group (IFG) dan BUMN lainnya. Kegiatan hari ini (kemarin) jadi awal yang baik. Komunikasi dan koordinasi yang terjalin selama ini sudah cukup baik melihat kebutuhan Pura Mangkunegaran," katanya.

Ia mengatakn jika Mangkunegaran menjadi salah satu dari enama prioritas program relawan BUMN yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia untuk dikembangkan dan dilestarikan.

3. Gelar sejumlah kegiatan dengan abdi dalem.

Revitalisasi Pura Mangkunegaran, Mangkunegara X Kolaborasi Dengan BUMNPemberian bantuan kepada abdi dalem Pura Mangkunegaran. (Dok/Istimewa)

Sementara itu, kegiatan Upacara dan Festival Bakti BUMN di Pameran Mangkunegaran, kemarin adalah serangkaian acara program relawan bakti BUMN batch kedua. Edi menyebut pihaknya telah memilih enam area di seluruh Indonesia yang dirasa butuh bantuan lebih. Salah satu areanya, Pura Mangkunegaran.

"Enam area ini kami seleksi berdasarkan kriteria. Melihat program TJSL yang sudah dilakukan di sana. Relawan akan masuk untuk menyempurnakan program yang sudah berjalan. Nah, berdasarkan kriteria itu, Pura Mangkunegaran termasuk lolos seleksi kami," jelasnya.

Serangkaian acara tersebut diawali dengan upacara bersama Mangkunegara X bersama direksi dan relawan bakti BUMN. Dilanjutkan pemberian bantuan kepada anak abdi dalem Pura Mangkunegaran. Dimeriahkan dengan lomba 17-an bersama relawan bakti BUMN dan abdi dalem Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Jadi Venue G20 Pura Mangkunegaran Makin Dikenal di Dunia Internasional

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya