Benda Diduga Bom di Solo, Dikemas Plastik, Lengkap Ada Timer

Pemilik rumah curiga dan sempat mengecek pakai kaki

Surakarta, IDN Times - Sebuah benda yang diduga bom ditemukan di dekat pagar salah satu rumah warga, Rabu, (30/03/2022) pukul 05.30 WIB. Lokasi tepatnya ada di Jalan Arifin Kampung Baru, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Benda tersebut diletakkan di pinggir jalan yang dikemas dengan plastik hitam.

1. Diletakkan di depan rumah warga

Benda Diduga Bom di Solo, Dikemas Plastik, Lengkap Ada TimerLokasi penemuan benda diduga bom di Jalan Arifin, Kampung Baru, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Warga setempat, Boni (52) mengatakan, pertama kali ia menemukan benda yang diduga bom tersebut di pagar depan rumahnya. Boni sempat mengira barang tersebut adalah sampah yang dibuah oleh warga yang melintasi jalan Arifin Kampung Baru.

"Tadi saya pagi-pagi sekali sekitar jam 5.30 mau jalan. Jalannya cuma disekitaran rumah doang, biasanya jalan keluar. Lalu kelihatan ada barang di dekat pagar sana, saya biarin aja saya pikir itu sampah. Biar disapu sama tukang sapu," katanya saat ditemui, Rabu (30/03/2022).

Baca Juga: [BREAKING] Warga Jebres Solo Temukan Benda Mencurigakan Mirip Bahan Peledak

2. Benda diduga bom dilengkapi pengatur waktu

Benda Diduga Bom di Solo, Dikemas Plastik, Lengkap Ada TimerBenda diduga bom ditemukan di Jalan Arifin Kampung Baru, Solo. ( IDN Times/Larasati Rey)

Karena curiga dengan benda tersebut, Boni kemudian mengecek dengan menggunakan kaki hingga dua kali. Boni juga membuka barang tersebut dengan menggunakan kaki.

Boni mengaku kaget saat mengetahui barang tersebut mirip bom berwarna merah, yang dilengkapi dengan pengatur waktu. Kemudian, ia langsung melapor ke kantor Polisi Militer yang tak jauh dari lokasi tersebut.

"Langsung saya cek pakai kaki, masih curiga lagi saya buka pakai kaki lagi. Saya belum tau isinya apa langsung saya bilang tukang sampah. Kayak gini ini benda apa ya. Dibuka sedikit, lalu saya langsung disuruh lapor kantor polisi militer sana suruh liat datang sini," jelasnya.

Lokasi penemuan diduga bom berlokasi kurang lebih 20 meter dari kantor polisi militer. Dan dekat dengan kantor Balaikota Surakarta.

3. Sempat membuat gaduh

Benda Diduga Bom di Solo, Dikemas Plastik, Lengkap Ada TimerBenda diduga bom dibawa ke Benteng Vastenburg. (IDN Times/Larasati Rey)

Usai laporan tersebut selang 30 menit kemudian Polisi Polresta Surakarta bersama sejumlah anggota Gegana mendatangi lokasi penemuan benda yang diduga bom tersebut. Benda tersebut kemudian dibawa di Benteng Vastenburg untuk observasi.

Sementara itu, suasana gaduh sempat terjadi di sekitar kantor Balaikota Solo, lantaran banyak terdengar sirine kendaraan serta kedatangan tim Gegana yang mengamankan sekitar lokasi kejadian.

Baca Juga: [BREAKING] Geger! Warga Solo Temukan Benda Mirip Bom di Pinggir Jalan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya