Bertahap, UNS Tambah 22 Guru Besar Baru Bulan September 2023

Sudah lima guru besar yang dikukuhkan

Surakarta, IDN Times - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo di bulan September 2023 akan menambah 22 Guru Besar baru. Penambahan guru besar diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kemajuan di masa depan bangsa Indonesia.

1. Sudah dikukuhkan 5 guru besar baru

Bertahap, UNS Tambah 22 Guru Besar Baru Bulan September 2023Pengukuhan guru besar di UNS. (Dok/Humas UNS)

Pengukuhan guru besar kloter pertama dilakukan pada Selasa (19/9/2023). Pengukuhan dilakukan langsung oleh Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho.

Kelima Guru Besar baru itu berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian (FP) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Mereka adalah:

  • Prof. Dr. Ars. Avi Marlina, S.T, M.T.
  • Prof. Dr. Eko Pujiyanto, S.Si., M.T.
  • Prof. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum
  • Prof. Dr. Pamudji Utomo, dr., Sp.OT(K)
  • Prof. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd.

Baca Juga: Alasan Rektor Unnes Kukuhkan 10 Guru Besar Sekaligus, Ini Dia Daftarnya

2. Kembali kukuhkan guru besar sehari usai pngukuhan

Bertahap, UNS Tambah 22 Guru Besar Baru Bulan September 2023Lima guru besar UNS yang akan dikukuhkan Kamis (21/9/2023). (IDN Times/Larasati Rey)

Pada Kamis (21/9/2023), UNS kembali mengukuhkan 5 Guru Besar di gedung Auditorium GPH Haryo Mataram,UNS.

Lima Guru Besar yang akan dikukuhkan adalah:

  • Prof. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Manajemen Pendidikan Sejarah pada FKIP, merupakan Guru Besar ke-278 UNS dan ke-71 FKIP dengan pidato inaugurasi berjudul "Merawat Persatuan dalam Kebhinekaan melalui Manajemen Pembelajaran Sejarah Terintegrasi Nilai
    Multikulturalisme"
  • Prof. Dr. Djono, M.Pd sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Bahan Ajar Sejarah pada FKIP. Prof Djono merupakan Guru Besar ke-279 UNS dan ke-72 FKIP dengan pidato inaugurasi berjudul "Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Wanita Aceh untuk Menanamkan Nilai Nasionalisme Generasi Muda"
  • Prof. Dr. Suminah, M.Si sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan pada Fakultas Pertanian (FP). Prof Suminah merupakan Guru Besar ke-280 UNS dan ke-41 FP dengan pidato inaugurasi berjudul "Pendekatan Psikologis Dalam Penyuluhan Untuk Membangun Self Reliance Pelaku Usaha Mikro"
  • Keempat Prof. Dr. Ir. Kusnandar, M.Si sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Manajemen Agribisnis pada FP. Prof Kusnandar merupakan Guru Besar ke-281 UNS dan ke-42 FP dengan pidato inaugurasi berjudul "Strategi Networking UMKM Agribisnis dalam Meningkatkan Inovasi dan Daya Saing"
  • Prof. Dr.rer.nat. Witri Wahyu Lestari, S.Si., M.Sc sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Metal Organic Frameworks (MOF) pada FMIPA. Prof Witri Wahyu Lestari merupakan Guru Besar ke-282 UNS dan ke-25 FMIPA dengan pidato inaugurasi berjudul "Peranan Material Cerdas Berbasis Metal-Organic Framework (MOF) dalam Bidang Lingkungan, Energi, dan Biomedis".

3. Akan lakukan pengukuhan secara bertahap

Bertahap, UNS Tambah 22 Guru Besar Baru Bulan September 2023Pengukuhan guru besar di UNS. (Dok/Humas UNS)

Sekretaris Senat Akademik (SA) UNS, Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, berharap semoga dengan penambahan lima Guru Besar baru tersebut semakin penguatkan UNS menuju World Class University (WCU). "

“Alhamdulillah UNS menambah lima Guru Besar baru dari tiga fakultas yaitu FKIP, FP dan FMIPA. Semoga dapat memotivasi dosen-dosen lain untuk segera menjadi Guru Besar. Saya senang dan bangga dengan bertambahnya lima Guru Besar baru, semoga mampu meningkatkan mutu UNS sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berkelas dunia," terang Prof Ari.

Ia menambahkan, selama Bulan September ini, UNS akan mengukuhkan 22 Guru Besar baru.

“Lima Guru Besar baru kami kukuhkan pada Selasa (19/9/2023) kemarin, lalu lima Guru Besar dikukuhkan pada besok Kamis (21/9/2023), kemudian enam Guru Besar akan dikukuhkan pada Senin (25/9/2023) dan enam Guru Besar lagi akan dikukuhkan lagi pada Rabu (27/9/2023). Semoga acara pengukuhan Guru Besar UNS berjalan lancar," pungkasnya.

Baca Juga: Isi Kuliah Umum, Bahlil Beri Beasiswa dan Modal Usaha ke Mahasiswa UNS

Topik:

  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya