Bhre dan Paundra Akhirnya Bertemu, Isyarat Damai di Mangkunegaran

Pertemuan digelar secara santai.

Surakarta, IDN Times - Nama Gusti Pangeran Hario (GPH) Paundrakarna Jiwa Suryanagoro yang notabene anak pertama dari KGPAA Mangkunegara IX, tak terlihat dalam upacara kenaikan tahta GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai Mangkunegara X di Pura Mangkunegaran, Solo, Sabtu (12/03/2022).

Paundra merupakan salah satu sosok yang namanya mencuat menjadi calon pengganti Mangkunegara IX yang wafat. Ketidakhadiran Paundra saat penobatan membuat banyak orang bertanya-tanya, apakah ada keretakan di Mangkunegaran?  

Baca Juga: 6 Potret GPH Bhre Cakrahutomo Saat Dinobatkan Sebagai Mangkunegara X

1. Bhre dan Paundra gelar pertemuan secara santai

Bhre dan Paundra Akhirnya Bertemu, Isyarat Damai di MangkunegaranGPH Bhre Cakrahutomo (tengah) dan GPH Paundrakarna (kiri) saat bertemu. (Instagram/@menursoekarno77)

Dilansir dari instagram adik kandung Paundra, GRA Putri Agung Suniwati alias Menur, melalui @menursoekarno77 memposting sebuah foto pertemuan anatara Bhre dengan Paundra.

Foto tersebut diposting oleh Menur pada Kamis (17/03/2022) malam, sekitar pukul 19.00 WIB.

Dalam postingan tersebut tampak Bhre dan Paundra duduk bersama dengan mengenakan pakaian casual. Serta didampingi oleh seorang pria. Keduanya terlihat saling melontarkan senyum ke kamera.

2. Serukan perdamaian

Bhre dan Paundra Akhirnya Bertemu, Isyarat Damai di MangkunegaranCaption instagram @menursoekarno77.

Dalam postingan tersebut, Menur menulis keterangan yang mengisyaratkan perdamaian keduanya.

"Hati yang iklas mencerminkan suatu perdamaian. Bila kita mempunyai jiwa yang besar untuk mengalahkan sebuah ego itu adalah Jiwa kesatria," tulis Menur di instagramnya.

Postingan tersebut langsung dibanjiri ratusan like dari pengikut Menur. Bahkan banyak komentar postif terkait pertemuan dua anak KGPAA Mangkunegara IX tersebut.

"Akhirnya kesedihan saya beberapa hari ini sirna.. begitu melihat kakak beradik rukun.. hati terasa damai.. adem.. kami ikut berbahagia @gph_paundrakarnajs @bhresudjiwo," tulis salah satu follower @woroisfiadji.

"Ini baru bisa dijadikan suri tauladan @gph_paundrakarnajs," tulis akun @hernilondon.

Tak hanya itu, Paundra pun juga mengomentari foto yang diposting oleh Menur. "Men Men Sayangk,,🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩😘😘😘😘," tulis Paundra melalui akun instagram @gph_paundrakarnajs.

3. Ketidakhadiran Paundra saat penobatan Bhre membuat publik bertanya

Bhre dan Paundra Akhirnya Bertemu, Isyarat Damai di MangkunegaranGPH Bhre Cakrahutomo usai dinobatkan sebagai KGPAA Mangkunegara X. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelumnya diberitakan, Pundra tidak menghadiri upacara adat kenaikan tahta adiknya Bhre Cakrahutomo Sudjiwo menjadi KGPAA Mangkunegara X. Ketidakhadiran Paundra tersebut menjadi banyak pertanyaan dari publik.

Namun beberapa saat setelah acara, Menur memposting status di instagram jika kakaknya sedang berada di Jakarta.

Pertemuan Bhre dengan Paundra ini merupakan pertamuan pertama kalinya pasca Bhre dinobatkan sebagai penguasa Pura Mangunegara. Sedangkan Paundra, kini menjabat sebagai Pangeran Sepuh.

Baca Juga: Profil GPH Bhre Cakrahutomo, Mangkunegara X Baru: Millennial dari UI

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya