Comscore Tracker

Buka Pengisian Oksigen Gratis di Solo, Gibran: Buat Yang Gak COVID-19

Antusias warga Solo isi oksigen membeludak

Surakarta, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bersama Korem 074 Warastratama membuka tempat pengisian oksigen gratis kepada warga yang ber-KTP Kota Surakarta. Pengisian gratis itu dilakukan di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung.

1. Antusias warga tinggi mengisi oksigen

Buka Pengisian Oksigen Gratis di Solo, Gibran: Buat Yang Gak COVID-19Pengisian oksigen gratis di Solo (IDN Times/Larasati Rey)

Antrian warga mengisi oksigen sudah tampak sejak pagi mulai pukul 08.00 WIB. Mereka berbondong-bondong membawa tabung oksigen berukuran 1--3 meter.

Salah seorang warga asal Pucangsawit Solo, Suharto Cipto Suhartono (76) mengaku senang adanya bantuan oksigen gratis dari pemerintah tersebut. Suharto rela mengantri untuk kebutuhan oksigen saudaranya yang telah sakit jantung sejak lama.

"Ini dipakai sendiri, ya bersyukur bisa mendapatkannya, terima kasih," ujarnya Sabtu (31/7/2021).

Suharto mengatakan, jika mengisi oksigen di depo ia harus mengeluarkan uang Rp50 ribu. Terlebih ia harus pergi jauh ke luar kota untuk mendapatkan oksigennya.

Baca Juga: Komunitas Sumringah Solo Bagi Isi Ulang Oksigen Medis Bayar Sukarela 

2. Warga merasa bersyukur ada pengisian oksigen gratis

Buka Pengisian Oksigen Gratis di Solo, Gibran: Buat Yang Gak COVID-19Pengisian oksigen gratis di Solo (IDN Times/Larasati Rey)

Senada diungkapkan Yossi (38) warga Nusukan, Solo. Ia mengaku akhir-akhir ini sulit mendapatkan oksigen. Ia mencari oksigen untuk kebutuhan orang tuanya yang sedang isolasi mandiri di rumah.

"Ini untuk ibu saya yabg sedang isoman di rumah, bersyukur pemerintah bisa membantu," ujarnya.

Menurutnya jika membeli oksigen di depo pengisian oksigen ia harus mengeluarkan uang Rp 55 ribu, dan oksigen tersebut digunakan dalam waktu 4 jama.

3. Gibran upayakan pengisian bisa dilakukan setiap hari

Buka Pengisian Oksigen Gratis di Solo, Gibran: Buat Yang Gak COVID-19Pengisian oksigen gratis di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Melihat antusias warga, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming berupaya untuk melakukan pengisian oksigen gratis kepada warga setiap hari.

"Kita akan upayakan ini (pengisian oksigen) setiap hari," kata Gibran.

Lebih lanjut, oksigen tersebut akan diprioritaskan untuk warga yang sakit bukan karena COVID-19.

"Kita nanti prioritaskan untuk warga yang sakit sudah lama, yang jelas semua masyarakat boleh asal yang ber-KTP Solo," pungkasnya.

Pada Sabtu (31/7/2021), Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyediakan pengisian oksigen untuk 200 tabung gas berukuran kecil.

Baca Juga: Solo Murup, Gerakan Millennial Bantu Pasien COVID-19 Isoman, Keren!

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya