Calhaj Pati Jadi Kloter Pertama Pemberangkatan Haji dari Jateng

Ada 356 CHJ yang berangkat di kloter pertama.

Boyolali, IDN Times - Sebanyak 356 calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Pati, Jawa Tengah tiba di Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali, Jumat (3/6/2022) pukul 07.30. Rombongan kelompok terbang (kloter) pertama tersebut diterima di Gedung Jeddah. Selanjutnya dilakukan prosesi penerimaan CJH dari petugas daerah kepada embarkasi SOC 144H.

Baca Juga: 704 Koper Tiba, Jemaah Calon Haji Siap Terbang dari Boyolali

1. Kedatangan hari pertama.

Calhaj Pati Jadi Kloter Pertama Pemberangkatan Haji dari JatengCalon Jemaah Haji kloter pertama tiba di Asrama Haji Donohudan. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebanyak delapan bus untuk calon jemaah haji dan satu bus untuk petugas daerah tiba. Beberapa petugas tampak membantu menurunkan koper-koper. Beberapa calon jemaah haji yang duduk di kursi roda juga dibantu petugas.

Para calon jamaah haji lantas ditempatkan di Gedung Jeddah dan memempati tempat duduk sesuai pembagian rombongan. Para calon jemaah haji tersebut kemudian mengikuti serah terima dan pembinaan, serta selanjutnya menjalani tes kesehatan.

2. Lakukan pengecekan kesehatan.

Calhaj Pati Jadi Kloter Pertama Pemberangkatan Haji dari JatengCalon Jemaah Haji lakukan pengecekan kesehatan di Asrama Haji Donohudan. (IDN Times/Larasati Rey)

Saat ditemui di Asrama Haji Donohudan, Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Soc 1442 H Sarip Sahrul Samsudin mengatakan, rombongan calon jemaah haji dari kloter pertama asal Pati tersebut datang dengan memggunakan delapan rombongan. Kemudian disusul dengan rombongan kloter kedua berasal dari Kabupaten Pati, dan Kabupaten Jepara.

“Kami menerima calon jamaah haji di Gedung Jeddah. Setelah ini akan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan. Sebelumnya, calon jamaah haji sudah melakukan swab test di daerah asal. Hasilnya negatif semua. Jadi kloter pertama ini 356 caon jamaah haji lengkap,” katanya.

Sarip memgatakan untuk setiap hari Asrama Haji Donohudan menerima dua kloter jemaah haji.

3. Jalani cek kesehatan.

Calhaj Pati Jadi Kloter Pertama Pemberangkatan Haji dari JatengCalon Jemaah Haji kloter pertama tiba di Asrama Haji Donohudan. (IDN Times/Larasati Rey)

Calon jamaah haji yang tiba di Asrama Haji Donohudan, tersebut kemudian melakukan pengecekan kesehatan dan validasi hasil swab test. Selanjutnya, mereka akan masuk Gedung Mekkah untuk berisitirahat.

Selama di asrama, para calon jemaah haji tersebit akan menerima pembagian living cost, perbekalan, paspor, serta gelang identitas haji. Mereka juga akan mengikuti pembinaan dari ketua regu (karu) dan ketua rombongan (karom).

"Sudah kita tekankan seluruh jemaah haji yang masuk kesini sudah negatif, karena mereka sudah swab PCR di kabupaten masing-masong, jadi yg positif ditinggal disana," jelasnya.

Rencananya pukul 21.00 WIB kloter pertama akan mengikuti seremonial pelepasan yang dihadiri Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Gibran Kaget Warga Solo Jadi Pelaku Aksi Klitih di Boyolali

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya