Dalam Sehari Jumlah Positif COVID-19 di Solo Bertambah 18 Orang

Manahan jadi kluster baru penyebaran COVID-19.

Solo, IDN Times - Satuan Petugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Solo mencatat adanya tambahan kasus positif COVID-19 pada Senin (31/8/2020) yakni sebanyak 18 kasus. Dari tambahan tersebut total ada 394 kasus positif COVID-19 di Kota Solo.

Baca Juga: Mall Pelayanan Publik Solo Bisa Layani 377 Pelayanan Publik, Izin Hingga Pajak

1. Terbanyak dari Kelurahan Manahan

Dalam Sehari Jumlah Positif COVID-19 di Solo Bertambah 18 OrangWebsite

Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kota Solo, Ahyani mengatakan dari tambahan 18 kasus tersebut, kasus terbanyak ditemukan di Keluarahan Manahan, Kecamatan Banjarsari. Wilayah tersebut menyumbang 13 kasus positif COVID-19 yang ditemukan hari ini.

13 kasus yang ditemukan tersebut merupakan hasil tracing satu pasien ke-15 COVID-19 yang meninggal pada Kamis (27/08/20) lalu. Pasien tersebut menjadi pasien termuda yakni 34 tahun yang meninggal akibat COVID-19 di Kota Solo. Paseien tersebut sempat dirawat di rumah sakit, dan memiliki penyakit penyerta yakni jantung hipertensif atau Hypertensive Heart Disease (HHD).

2. Kontak erat dengan pasien positif COVID-19

Dalam Sehari Jumlah Positif COVID-19 di Solo Bertambah 18 OrangIlustrasi Tes Usap/PCR Test (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Ahyani mengatakan dari 13 kasus baru tersebut tiga diantaranya merupakan istri dan dua anak pasies positif COVID-19 yang meninggal, masing-masing berumur 2 tahun dan 6 tahun.

"Seluruhnya menjalani karantina mandiri di rumah," ujarnya.

Selanjutnya, Ahyani akan terus melakukan tracing selanjutnya guna memutus potensi penyebaran COVID-19.

3. Lima kasus lainnya dari warga yang berbeda

Dalam Sehari Jumlah Positif COVID-19 di Solo Bertambah 18 OrangIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain 13 kasus yang ditemukan di Manahan, terdapat lima kasus baru yang ditemukan pada hari yang bersamaan. Kelima kasus tersebut meliputi satu kasus dari warga yang uji swab mandiri, satu kasus yang merupakan pasien rujukan di RSUD Dr Moewardi, dan tiga kasus dari hasil tracing kasus sebelumnya.

Kelima kasus tersebut berasal dari wilayah Purwosari, Semanggi, Mojosongo, Gilingan, dan Banyuanyar.

Dari penambahan tersebuut, saat ini jumlah kasus positig COVID-19 menjadi 394 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 17 orang meninggal dunia, 21 orang menjalani perawatan, 30 orang melakukan isolasi mandiri, dan 326 orang dinyatakan sembuh.

Sedangkan untuk kasus suspect mencapai 1100 orang, yang meliputi 50 orang meninggal dunia, 11 orang menjalani perawatan, 2 orang menjalani isolasi mandiri, dan 1037 orang dinyatakan sembuh.

Baca Juga: Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan di Solo Ada Denda Rp100 Ribu 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya