Dapat Bisikan Gaib, Pria Misterius Bawa Samurai ke Bupati Sukoharjo

Pria tersebut ditangkap di Bekasi Jawa Barat

Sukoharjo, IDN Times - Jajaran Polres Sukoharjo menangkap seorang pria misterius yang kedapatan membawa senjata tajam (sajam) berupa samurai ke kantor Bupati Sukoharjo.

Pria diketahui berinisial MS (27) tersebut merupakan warga Desa Telukan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

Baca Juga: Pesan Ganjar saat Cek Perbaikan Jalan Cuplik-Telukan Sukoharjo: Jangan Dikurangi

1. Kronogi kejadian

Dapat Bisikan Gaib, Pria Misterius Bawa Samurai ke Bupati SukoharjoGedung Pemkab-Sukoharjo. (IDN Times / Larasati Rey(

Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit mengatakan, jika pria misterius tersebut sengaja mendatangi kantor bupati pada Senin lalu pukul 8.06 WIB kemarin. Ia mengendarai mobil Pajero Sport berwarna abu-abu.

Pelaku tersebut ingin bertemu dengan Bupati Sukoharjo Etik Suryani di kantornya. Pelaku masuk ke kantor Bupati sebelumnya bertanya kepada petugas tentang keberadaan Bupati. Kemudian pelaku memarkirkan kendaraanya dan berjalan menuju gedung Bupati Sukoharjo sebari menenteng barang yang diduga sebagai samurai.

"Pelaku kemudian turun dari mobil dengan menenteng sesuatu yang panjangnya 1 meter lebih, kemudian turun masuk didimpingi oleh salah atu PNS berinisial S, kemudian menanyakan Bu Bupati ada atau tidak. Kemudian saksi menjawab Bu Bupati sedang dinas di luar kota," jelas Kapolres saat konferensi pers di Mapolres Sukoharjo, Rabu (5/9/2023).

Usai mengetahui Bupati tak berada di kantor, pelaku kemudian langsung kembali dan masih membawa benda yang belakangan diketahui sebagai pedang samurai, kemudian langsung menuju ke mobil dan kemudian beranjak pergi meninggalkan kantor bupati.

Informasi tersebut didapatkan dari keluarga di Desa Telukan. Pelaku melarikan diri ke Bekasi Jawa Barat. Kemudian tim Buser melakukan pengejaran.

"Setelah tim identifikasi melakukan penyelidikan dan melihat di CCTV. Kemudian koordinasi dengan orang yang mengetahui mobil tersebut (Pajero Sport). Kemudian tim buser Polres Sukoharjo di lapangan mengejar diduga pelaku sampai ke Bekasi," ujarnya.

"Akhirnya dengan persuasif pelaku bisa kita tarik ke Jawa Tengah sekitar jam satu malam dan dibawa ke Polres Sukoharjo untuk pemeriksaan lebih lanjut," imbuhnya.

2. Mengaku dapat bisikan ghaib

Dapat Bisikan Gaib, Pria Misterius Bawa Samurai ke Bupati SukoharjoBupati Sukoharjo, Etik Suryani. IDNTimes/Larasati Rey

Terkait modus operandi, Sigit menjelaskan jika kedatangan MS ke kantor Pemkab Sukoharjo hanya ingin bertemu bupati. Pelaku mengaku tidak ada maksud lain termasuk tindak kriminal atau kejahatan.

“Pelaku ini mengaku ingin bertemu Bupati Sukoharjo. Pelaku ingin menyerahkan samurai kepada bupati,” katanya.

Lebih lanjut Kapolres, mengatakan jika pelaku mengaku mendapatkan bisikan ghaib untuk menyerahkan samurai bertuliskan Bahasa Arab sepanjang 1,1 meter.

3. Keluarga minta tes kejiwaan.

Dapat Bisikan Gaib, Pria Misterius Bawa Samurai ke Bupati SukoharjoKapolres Sukoharjo menunjukkan barang bukti samurai. (IDN Times/Larasati Rey)

Berdasarkan permintaan keluarga, pihaknya masih akan melakukan pemeriksaan kejiwaan kepada pelaku.

"Pelaku kita kenakan Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Darurat Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1951 dan Undang-Undang R.I. Dahulu Nomor 8 Tahun 1948. Ancaman hukumannya pidana penjara paling lama 10 tahun," pungkasnya.

Baca Juga: Aromaterapi Sukoharjo Moncer di Sumatera dari Inisiatif Hyperlocal

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya