Dibuka H-7 Lebaran, Jalan Tol Solo-Yogyakarta Gratis, Ini Rutenya

SPBU Pertamina ada di pintu masuk dan keluar tol

Surakarta, IDN Times - PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM)--anak usaha PT Jasa Marga (Persero)--membuka jalur fungsional tol Solo-Yogyakarta (Kartasura-Sawit) mulai tujuh hari sebelum Lebaran atau tepatnya mulai Sabtu, 15 April 2023. Jalan yang dibuka hanya 6 kilometer (km), dari total seksi 1.1 sepanjang 49 km.

1. Jalur fungsional dibuka sepanjang 800 meter

Dibuka H-7 Lebaran, Jalan Tol Solo-Yogyakarta Gratis, Ini Rutenyatap in e-Toll (IDN Times/Aris Darussalam)

Direktur Utama PT JMM, Suchandra Hutabarat mengatakan, jalur fungsional yang dibuka secara gratis itu mulai dari exit tol Ngasem, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, hingga STA 6 di Desa Kateguhan, Kecamatan Sawit, Boyolali.

Adapun, jalan tersebut dibuka mulai pukul 07.00--17.00 WIB.

"Harapan kami dengan dioperasikannya fungsional ini, bisa membantu kelancaran lalu lintas yang nanti diperkirakan akan memadati ruas jalan ke Solo sampai Yogyakarta," ujarnya Kamis (13/4/2023).

Baca Juga: Daftar Lokasi SPBU Pertamina di Tol Trans Jawa Jateng, Mudik Tenang!

2. Diharapkan berhati-hati karena masih ada perbaikan jalan

Dibuka H-7 Lebaran, Jalan Tol Solo-Yogyakarta Gratis, Ini RutenyaJalur tol fungsional Solo-Yogyakarta. (IDN Times/Larasati Rey)

Suchandra mengatakan, saat ini masih terdapat aktivitas pekerja terutama disisi ujung exit atau sisi Selatan daerah Sawit, Boyolali. Bahkan, puluhan truk masih terlihat lalu lalang untuk mengangkut material di sepanjang jalan tol tersebut.

Ia meminta penguna jalan untuk lebih berhati-hati memasuki bagian perkerasan Lean concrete (LC) sepanjang 2,5 km. Selain itu, badan jalan tersebut ikut menyempit sehingga berpotensi munculnya debu tebal.

"Saat ini masih ada beberapa pekerjaan kecil yang harus diselesaikan. Di antaranya pemasangan rambu, portal dan lainnya," ujarnya.

3. JMM siapkan posko siaga

Dibuka H-7 Lebaran, Jalan Tol Solo-Yogyakarta Gratis, Ini RutenyaIlustrasi jalan tol (IDN Times/Sunariyah)

Guna memastikan kenyamanan dan keamanan penguna jalan, JMM membuka Posko Siaga. Posko tersebut terdapat fasilitas antara lain toilet portable, stok BBM kemasan, kendaraan patroli, ambulans.

"Di Posko JMM Siaga yang ada di jalur fungsional ini kita lengkapi dengan fasilitas seperti toilet portable, stok BBM kemasan, kendaraan patroli, ambulans dan petugas medis, kendaraan PJR dan kendaraan rescue," aku Suchandra.

4. SPBU ada di pintu masuk dan keluar

Dibuka H-7 Lebaran, Jalan Tol Solo-Yogyakarta Gratis, Ini Rutenyailustrasi pegawai SPBU Pertamina. (Dok. Pertamina)

Sementara itu, Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Aji Anom Purwasakti mengatakan, meskipun berjarak 6 km, pihaknya ikut menyiapkan antisipasi penyediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi para pemudik. Antara lain dengan menyediakan mobil siaga untuk stok BBM kemasan.

"Tol Solo-Yogyakarta yang dibuka memang baru 6 kilometer. Pemudik tidak perlu khawatir, karena ada SPBU Pertamina di pintu masuk dan pintu keluar jalur tol fungsional tersebut. Kami ikut menyiagakan mobil siaga untuk melayani pemudik dengan stok BBM kemasan," katanya.

Baca Juga: Cek Harga Tiket dan Jam Buka Solo Safari, Wajah Baru Jurug Solo Zoo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya