Disebut Preman sama Megawati, FX Hadi Rudyatmo Tak Membantah

Dinilai sebagai bentuk kesetiaan terhadap Megawati

Surakarta, IDN Times - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri hampir menangis saat berpidato di hadapan kader di puncak HUT ke-50 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2023).

Ia bahkan menceritakan sosok Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo atau Rudy yang menurutnya merupakan seorang preman.

1. Mengakui dirinya adalah preman

Disebut Preman sama Megawati, FX Hadi Rudyatmo Tak MembantahKetua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo saat pimpin upacara. (IDN Times/Larasati Rey)

Menanggapi pernyataan dari Megawati, Rudy tak membantah pernyataan Ketum PDIP tersebut. Ia mengaku jika dirinya seorang preman dan suka berantem, namun bukan dengan Megawati melainkan dengan lawan politik PDIP pada saat itu.

"Bukan berantem dengan Bu Mega tapi dengan lawan politik. Lha kalau saya berantem sama Ibu (Megawati) ya pasti sudah dipecat (dari PDIP) dari dulu-dulu," ujarnya, Rabu (11/1/2023).

Lebih lanjut, Meski dianggap sebagai kader "preman", Rudy menegaskan jika dirinya taat dan patuh dengan perintah Ketua Umum PDIP, Megawati. Ia juga menilai pernyataan Megawati terhadap dirinya karena secara pribadi dianggap sebagai kader partai yang tidak pernah berubah hingga kini.

"Saya juga sudah sampaikan kepada Ibu, ibaratnya kepala saya diminta untuk kepentingan PDIP maupun masyarakat saya serahkan kok untuk ibu. Ibaratnya saya disuruh masuk sumur yang dalam dan beracun sekalipun kalau untuk kepentingan PDIP saya lakukan. Namun, saya tidak asal masuk sumur saja. Cara adalah supaya bisa mengambil di dalam sumur ada hasilnya dan bermanfaat," ucapnya Rudy.

Baca Juga: Debat 1,5 Jam dengan Sekjen PDIP, Rudy: Yang Merusak Mba Puan Disanksi

2. Tak lepas dari sejarah panjang PDIP

Disebut Preman sama Megawati, FX Hadi Rudyatmo Tak MembantahKetum PDIP, Megawati Soekarnoputri di acara Rakernas PDIP pada Selasa (21/6/2022). (dok. PDIP)

Lebih lanjut, Rudy mengatakan jika pernyataan putri Presiden Soekarno itu tak lepas dari sejarah panjang dirinya dengan partai berlambang banteng. Ia mengaku, jika sebagai kader dari awal hingga saat ini selalu mendampingi Megawati.

"Jadi itu berangkat dari saya yang mendampingi (Megawati) mulai dari 86 (tahun 1986) sampai titik darah penghabisan. Selama Ibu menjadi ketua umum, saya tetap konsisten. Jadi saya kader yang mempunyai prinsip, sikap dan komitmen," tuturnya. 

Rudy bahkan selalu menjadi orang pertama yang membela Megawati jika ada lawan politik. Ia ikut mengisahkan saat digelar Kongres I PDIP pada tanggal 8--10 Oktober 1998. Kala itu, Rudy hadir di barisan terdepan untuk Megawati dalam acara itu.

"Beliau (Megawati) itu tahu persis, setiap kali pergerakan, kalau orang berani dan sebagainya, itu kan dianggap preman, kalau ibu itu. Pokoknya suka berantem itu preman. Di sana kalau ada yang ngerecokin (bikin masalah) Ibu, saya yang ngadepin dan sebagainya. Diajak berantem gitu aja tinggal berani atau tidak gitu," katanya.

"Yang jelas ikut PDI segi lima sampai PDIP itu ketertindasan ini kan belum berakhir, masih terus. Untuk itu, kalau Ibu Mega selalu menyampaikan saya, artinya selalu mengingat peristiwa perjalanan sampai dengan hari ini, itu saya dianggap orang yang suka berantem. Memang iya, tapi saya ndak pernah melakukan hal yang merugikan orang lain," pungkasnya.

3. Megawati cari Rudy saat pidato HUT ke-50 Tahun PDIP

Disebut Preman sama Megawati, FX Hadi Rudyatmo Tak MembantahKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Megawati sendiri hampir menangis ketika dirinya menceritakan masa sulit ketika membangun struktur PDIP dari awal dan merekrut kader baru, dalam pidatonya di hadapan kader di puncak HUT ke-50 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2023).

Ia teringat saat ada satu kader PDIP yang paling susah diatur, yakni Ketua DPC PDIP Solo, Rudy. Megawati bahkan menggambarkan sosok Rudy sebagai seorang preman yang suka berkelahi.

"Nah ini, ini si gerombolan, DPC Solo, Rudy, ndi orange (mana orangnya). Rudy itu sampai hari ini, urusannya mau berantem melulu. Dulu tapi memang benar preman, lho," ucap Megawati.

"Saya bilang ya gak apa, gak usah kamu merasa kecil hati, orang itu buat kamu cari kehidupan, sini masuk (PDIP)," lanjut Megawati.

Untuk diketahui, Rudy merupakan Wali Kota Solo periode 2012--2015 dan 2016--2021. Dia pernah mendampingi Jokowi saat menjabat menjadi Wali Kota Solo.

Baca Juga: Santer Isu Reshuffle, FX Rudy Bertemu Jokowi Lama, Ini Isi Pembicaraan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya