Comscore Tracker

Ganjar dan Gibran Senam Bareng di Sriwedari Solo, Seragam Kaos Putih

Mereka menari dalam rangka Haornas 2022

Surakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama istri, Siti Atikoh, dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka senam bersama di Stadion Sriwedari, Kota Solo, Jumat (9/9/2022). Mereka mengikuti senam massal "Jateng Gayeng" bersama-sama warga Solo untuk memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022, setiap tanggal 9 September.

1. Haornas digelar terbuka setelah pandemik COVID-19

Ganjar dan Gibran Senam Bareng di Sriwedari Solo, Seragam Kaos PutihPeringatan Haornas ke-39 2022 di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Ganjar senang Haornas bisa dirayakan secara terbuka setelah COVID-19 dengan tingginya antusiasme dari masyarakat yang hadir. Seperti siswa, atlet, dan warga Kota Solo.

"Kita senang hari ini (Jumat (9/8/2022)) bisa kembali merayakan Haornas secara terbuka. Semuanya hadir dan memberikan semangat," ungkapnya.

Kota Solo dipilih untuk penyelenggaraan Haornas lantaran memiliki sejarah panjang dalam dunia olahraga Indonesia. Mulai dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang pertama hingga ASEAN Para Games 20222.

"Ketika prestasi yang tidak terlalu banyak di bidang olahraga (dari Kota Solo), tiba-tiba ASEAN Para Games menggemparkan dan itu dilaksanakan di Solo," ujar Ganjar.

Baca Juga: BBM Naik, Gibran Ingin Bus Solo Trans Tetap Gratis

2. Ganjar dorong sport tourism di Jawa Tengah

Ganjar dan Gibran Senam Bareng di Sriwedari Solo, Seragam Kaos PutihGubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (IDN Times/Larasati Rey)

Melalui momen perayaan Haornas, Ganjar mendorong sejumlah daerah mengembangkan sport tourism yang berkelanjutan. Pasalnya, beberapa daerah sudah menerapkannya menjadi agenda tahunan sehingga masuk dalam kalender event, seperti Borobudur Marathon.

"Kita dorong daerah-daerah untuk membuat sport tourism tapi sport tourism kita dorong tidak hanya yang pernah melaksanakan tapi pernah melaksanakan berkali-kali, minimal tiga tahun berturut-turut. Itu bisa dijadikan kalender event," ucapnya.

3. Dukung pembentukan Sekolah Khusus Olahraga

Ganjar dan Gibran Senam Bareng di Sriwedari Solo, Seragam Kaos PutihPeringatan Haornas ke-39 2022 di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Ditanya soal pembuatan Sekolah Khusus Olahraga (SKO), Ganjar mengaku ada beberapa gagasan untuk menghidupkan kembali sekolah khusus dalam upaya untuk mencetak atlet. Namun, hingga saat ini pihaknya belum merealisasikan gagasan tersebut.

"Oh, (SKO) belum. Kemarin ada gagasan-gagasan kita menghidupkan sekolah-sekolah yang bisa menampung atlet-atlet. Kita siapkan regulasinya kita perhitungkan. Tapi prinsipnya kita tidak masalah setiap daerah sudah punya bakat, mereka perlu mendapatkan perlakuan khusus, berbeda dengan yang umum. Dan mereka bisa berkompetisi tapi harus didampingi dalam soal pendidikan. Maka saya terbuka aja," aku Ganjar.

Sementara itu, ihwal realisasi SKO di Solo, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku sedang berkoordinasi dengan beberapa pihak. Ia mengatakan, jika proyek pembuatan SKO di lokasi bekas SMA 5 Solo tersebut bisa segera terealiasasi.

"Ya kita kejar tersebut, targetnya 2023," ungkapnya.

Baca Juga: Gibran Bikin Sekolah Khusus Olahraga di Solo, SKO dari SD sampai SMA

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya