Geger! Potongan Tubuh Ditemukan di Solo dan Sukoharjo

Korban ditemukan di aliran Kali Jenes.

Surakarta, IDN Times - Potongan tubuh manusia ditemukan di aliran Kali Jenes atau yang berlokasi di RT 05 RW 04, Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Minggu (21/5/2023) sore.

Tak hanya itu, potongan tubuh tersebut juga ditemukan di warga Kampung Ngruki, Cemani, Kecamatan Grogol, Sukoharjo. Keduanya ditemukan di aliran sungai Kali Jenes dan Sungai Bengawan Solo.

Baca Juga: Cek Harga Tiket dan Jam Buka Solo Safari, Wajah Baru Jurug Solo Zoo

1. Potongan tubuh pertama ditemukan di Sukoharjo.

Geger! Potongan Tubuh Ditemukan di Solo dan SukoharjoWalikota Solo, Gibran Rakabuming blusukan ke Kali Jenes. IDNTimes/Larasati Rey

Temuan potongan tubuh pertama ditemukan oleh warga di aliran sungai, pada Minggu (21/5/2023).

Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit mengatakan penemuam potongan organ tubuh berupa tangan kiri ditemukan sekitar pukul 09.15 WIB di pinggir selatan tepi Sungai Pringgolayan di Waringinrejo RT 009/RW 017 Cemani, Grogol, Sukoharjo.

Kemudian potongan kaki bawah sebelah kiri kembali ditemukan sekitar pukul 11.30 WIB. Lalu pada pukul 12.30 WIB ditemukan kembali bagian badan atas korban di Desa Cemani, Grogol, Sukoharjo.

"Jadi saya sampaikan temuan yang pertama itu tangan kiri saat ini sudah dibawa di RS Dr. Moewardi (Solo). Terus kemudian yang kedua, kaki betis kiri sudah di bawa ke rumah sakit, tubuh (bagian atas) saat ini sedang dilakukan pemeriksaan," papar AKBP Sigit di Mapolsek Grogol, Sukoharjo, Minggu (21/5/2023).

2. Total ada empat temuan potongan tubuh manusia.

Geger! Potongan Tubuh Ditemukan di Solo dan SukoharjoPolresta Solo mengevakuasi temuan potongan tubuh di Kali Jenes. (IDN Times/Larasati Rey)

Kemudian potongan tubuh keempat berupa kepala manusia ditemukan di dekat pintu air Joyontakan, Pasar Kliwon, Solo. Potongan tubuh keempat itu ditemukan sekitar pukul 17.30 WIB dengan posisi miring.

Dari temuan tersebut total ada empat potongan tubuh orang dewasa itu ditemukan bertahap di empat aliran sungai berbeda di Sukoharjo dan Solo, Minggu (21/5/2023).

Keempat potongan organ tubuh manusia kemudian langsung dievakuasi dan dibawa ke RS Dr. Moewardi Solo untuk dilakukan autopsi.

3. Korban diduga berjenis kelamin laki-laki.

Geger! Potongan Tubuh Ditemukan di Solo dan SukoharjoIlustrasi korban tewas (IDN Times/ Mardya Shakti)

Terpisah, Kapolresta Solo Kombes.Pol Iwan Saktiadi mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Polres Sukoharjo untuk melakukan penyisiran bersama.

”Kami akan mencari potongan tubuh lain untuk mempercepat proses rekonstruksi. Kami juga meminta masyarakat, sekiranya ada temuan, silahkan langsung lapor ke kami,” ungkapnya, Senin (22/5/2023).

Dari perkiraan sementara, menurutnya jenazah ini sudah berada di sungai selama 24 jam, dan berjenis kelamin laki-laki. Saat ini kepolisian menunggu proses face recognition untuk memastikan apakah korban berjenis kelamin laki-laki ataupun perempuan.

”Mengingat kondisi yang sudah menggembung serta sejumlah luka terbuka pada bagian tubuh tersebut,” katanya.

Ditanya lebih lanjut, adanya indikasi motif kejahatan, Iwan enggan berspekulasi. Ia akan menunggu proses autopsi lanjutan.

”Kami sudah menyebarkan informasi kalau dalam seminggu ini ada warga yang merasa kehilangan anggota keluarganya, silahkan melapor ke kepolisian. Kami juga berkoordinasi dengan Polres Boyolali. mengingat hulu dari sungai ini ada di wilayah Boyolali,” pungkasnya.

Baca Juga: Saat Anak-anak Difabel Mencoba Fasilitas KRL Solo Jogja: Sudah Ada AC

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya