Comscore Tracker

Gibran Blusukan ke Pasar Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Relatif stabil dan jamin stok aman.

Surakarta, IDN Times - Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga kebutuhan pokok bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Surakarta, Kamis (6/5/2021).

Sidak sendiri digelar di tiga pasar tradisional, yakni Pasar Nusukan, Pasar Legi, dan Pasar Gede.

Baca Juga: Gak Peduli Diprotes Warga, Gibran Tetap Sanksi Lurah Gajahan Solo

1. Cek kebutuhan pangan

Gibran Blusukan ke Pasar Pantau Harga Kebutuhan PokokWali Kota Solo, Gibran Rakabuming memantau harga kebutuhan pokok. Dok/Humas Pemkot Solo

Gibran selaku ketua TPID didampingi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo Nugroho Joko Prastowo sekaligus wakil ketua TPID dan sejumlah instansi terkait anggota TPID memantau stabilitas harga, sidak tersebut bertujuan untuk memantau ketersedian stok sejumlah komoditas kebutuhan pokok menjelang Lebaran 1442 H.

Gibran bersama TPID berkunjung ke dua lokasi pasar yakni Pasar Nusukan dan Pasar Legi.

Sedangkan bahan pangan yang dijadikan fokus pantauan ialah daging sapi, telur ayam, daging ayam, minyak goreng, beras, bawang putih dan bawang merah. Harga komoditas pangan strategis itu masih stabil, dan ketersediaan serta pasokan juga masih aman.

2. Harga terpantau stabil

Gibran Blusukan ke Pasar Pantau Harga Kebutuhan PokokWali Kota Solo, Gibran Rakabuminh. Dok/Humas Pemkot Solo

Dalam sidak tersebut, Gibran menemukan beberapa harga komoditas kebutuhan pokok relatif stabil.

Tak banyak temuan dalam sidak sepekan menjelang Lebaran itu karena harga-harga komoditas kebutuhan pokok relatif stabil. Kalau pun ada kenaikan harga dinilai masih wajar dan dalam batas normal.

Demikian juga dengan stok komoditas, dinilai masih aman hingga Lebaran mendatang. Dengan amannya stok komoditas dan stabilnya harga maka TPID atau pemerintah daerah tidak perlu intervensi untuk menstabilkan harga.

"Dari sidak tadi, hanya harga daging ayam yang naik menjadi Rp 38.000 per kilogram, harga komoditas lainnya masih aman. Stok juga aman," kata Gibran ketika memberi penjelasan pada wartawan, usai sidak di Pasar Gede.

3. Inflasi masih terkendali

Gibran Blusukan ke Pasar Pantau Harga Kebutuhan PokokWali Kota Solo, Gibran Rakabuming memantau harga kebutuhan pokok. Dok/Humas Pemkot Solo

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Surakarta mengungkapkan, mulai Januari hingga April 2021, sektor kesehatan menyumbang 12 % lebih inflasi. Bahan makanan dan minuman 1,9 % dan rekreasi 2 % lebih menyumbang inflasi.

“April harga mulai terkendali. Untuk telor dan daging ayam naik. Cabe beras stabil. Beras stabil. Harus ada antisipasi paska lebaran. Permintaan kebutuhan diprediksi naik,” ungkapnya.

Lanjutnya, harus ada keseimbangan antara inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Ekonomi Kota Surakarta relatif lebih baik dari Propinsi Jawa Tengah dan nasional.

“Kita lebih cepat inflasi di awal tahun. Tingginya inflasi di solo bantu justru membantu memulihkan ekonomi Kota Surakarta,” bukanya.

Baca Juga: Anak Buah Terlibat Pungli Zakat, Gibran Copot Jabatan: Saya Minta Maaf

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya