Gibran dan Selvi 10 Hari di Amerika Serikat Kunjungi Tiga Kota

Tugas Wali Kota diserahkan ke Teguh Prakosa  

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat (USA). Dalam lawatannya tersebut Gibran mengajak istrinya Selvi Ananda.

Baca Juga: Gibran Kembali Bertandang Ke Luar Negeri, Bakal ke Amerika Serikat

1. Lakukan kunjungan di tiga kota

Gibran dan Selvi 10 Hari di Amerika Serikat Kunjungi Tiga KotaWakil Walikota Solo, Teguh Prakosa. (IDN Times/Larasati Rey)

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa memgatakan jika kepergian Gibran dan Selvi ke negara Paman Sam tersebut untuk menghadiri undangan dari Konsultan Jederal Republik Indonesia (KJRI) di New York.

Teguh mengaku jika Gibran tak hanya bertandang ke New York, melainkan ke sejumlah kota di negara bagian Amerika Serikat.

"Saya kurang tahu tapi ada undangan dari KJRI Kedutaan besar Amerika Serikat. Ada 3 kegiatan di 3 kota yang berbeda. Aku gak hafal kotanya," ujar Teguh saat ditemui usai mewakili Gibran dalam membuka acara Kejurnas Pencak Silat 2023, di Edutorium UMS, Senin (11/9/2023).

2. Tak mengajak dinas

Gibran dan Selvi 10 Hari di Amerika Serikat Kunjungi Tiga Kotapotret Gibran dan Selvi di Paris (instagram.com/gibranrakabumiing)

Teguh mengatakan kujungan kerja Gibran ke Amerika Serikat tersebut tidak mengajak serta Kepala Dinas di Pemkot Solo, seperti yang pernah dilakukan sebelumnya di Paris, Perancis.

" Iya berdua saja (dengan Selvi Ananda), Gak ada dengan dinas, hanya beliau," jelas teguh.

Teguh mengaku Gibran akan melakukan kunjungan kerja dari tanggal 6 September sampai 17 September 2023. "Beliau berangkat tanggal 6 mungkin ya 17 sampai Solo. Soalnya tanggal 17 itu ada acara Kadin atau apa. Tapi izinnya sampai tanggal 18 September," kata Teguh.

3. Gibran tak tanda tangani penetapan APBD Perubahan.

Gibran dan Selvi 10 Hari di Amerika Serikat Kunjungi Tiga KotaWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Teguh mengatakan jika segala tugas kewalikotaan telah di disposisikan kepadanya. Salah satunya, memimpin rapat Paripurna DPRD Kota Solo dengan agenda penetapan APBD Perubahan tahun 2023.

Ia mengaku jika penetapan tersebut akan digelar pada tanggal 12 September 2023 mendatang, namun karena Wali kota berhalangan hadir, maka paraf penetapan APBD Perubahan 2023 dilakukan oleh Wakil Walikota.

"Nanti kan tanggal 12 penetapan APBD perubahan tinggal kita sampaikan ke Gubernur supaya tepat waktu dan daerah ini kan tidak menjadi kendala sepanjang regulasi terpenuhi," katanya.

"Kami otomatis kan, saya kan tinggal persetujuan bersama saya paraf. Nanti langsung terkirim ke provinsi. Ini bagian dari regulasi yang sudah memenuhi syarat . Nanti Pak Wali hadir tinggal tanda tangan," jelasnya.

Teguh mengaku hal tersebut dilakukan untuk mempercepat pekerjaan agar dapat dilakukan tepat waktu.

Baca Juga: Gibran Gaet Huawei Wujudkan Solo jadi Giga City Pertama di Indonesia

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya