Harlah PMII di Solo: Ada Jokowi, Prabowo, Ganjar, dan Gibran

PMII akan serahkan kajian soal IKN ke Presiden Jokowi

Surakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo "Jokowi" dijadwalkan menghadiri dalam Puncak Hari Lahir (Harlah) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ke-63 di Benteng Vastenburg Kota Solo, Jumat (23/6/2023).

Harlah tersebut mengusung tema Penggerak Bangsa Memimpin Nusantara. Alasannya, dari semua sirkulasi pergerakan di Indonesia, pemuda adalah motor penggerak. Terlebih pemuda terdiri yang memiliki latar belakang mahasiswa.

1. Akan diikuti 20 kader PMII

Harlah PMII di Solo: Ada Jokowi, Prabowo, Ganjar, dan GibranIlustrasi pengurus PMII Kota Gorontalo. (Dok. PMII)

Acara Harlah PMII tersebut akan diikuti sekitar 20 ribu kader dari seluruh Indonesia. Dalam momen itu, PMII mengeklaim jika acara tersebut merupakan harlah terbesar dalam sejarah PMII.

Ketum PMII, M Abdullah Syukri mengatakan, dalam harlah tersebut akan disampaikan sejumlah gagasan. Di antaranya soal hasil kajian PMII tentang IKN.

Hasil kajian tersebut rencananya akan diserahkan langsung kepada Presiden Jokowi.

"Dalam kesempatan ini, kami sampaikan beberapa gagasan. Pertama, hasil kajian PMII tentang IKN. Jadi kami satu-satunya aktivis kemahasiswaan yang memiliki pusat studi IKN. Kami sudah menulis jurnal. Berisi 17 judul dengan 350 halaman. Akan kami sampaikan dan serahkan langsung ke Presiden," ujarnya saat press conference di Tower UNS, Rabu (21/6/2023).

2. Serahkan hasil kajian jurnal tentang IKN

Harlah PMII di Solo: Ada Jokowi, Prabowo, Ganjar, dan GibranIlustrasi logo PMII (nu.or.id)

Lebih lanjut, Gus Abe, sapaan akrab M. Abdullah Syukri mengatakan jurnal tersebut juga terdapat rekomendasi kebijakan terkait IKN. Baik dalam sudut pandang teknologi, kebijakan publik, kebudayaan, smart city, sustainability, dan lain sebagainya.

Gus Abe mengungkapkan, jurnal itu sebagai gagasan intelektual akademik PMII yang akan disampaikan ke Presiden.

"Ini bukti bahwa aktivis tidak hanya bisa teriak, tapi bisa memberikan sumbangsih pemikiran yang jelas dan terukur," pungkasnya.

Sementara itu, disinggung soal sikap PMII menyambut tahun politik 2024. Gus Abe menegasan jika PMII menolak politik identitas. Kendati demikian, PMII akan disampaikan kriteria pemimpin Indonesia yang sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan dan idealisme PMII.

3. Dihadiri sejumlah tokoh politik

Harlah PMII di Solo: Ada Jokowi, Prabowo, Ganjar, dan GibranIlustrasi PMII (Dok. IDN Times)

Ketua Steering Committee Harlah PMII ke-63, Ahmad Latif mengatakan sejumlah tokoh akan hadir. Di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Ia menilai, PMII sendiri menjadi penggerak di semua lini adalah organisasi mahasiswa.

"Karena kita sebagai pemuda menjadi embrio pemimpin Indonesia yang akan datang. Harapan kami pemuda-pemuda Indonesia, khususnya PMII mampu untuk menggerakan hati nurani masyarakat, mengubah kondisi masyarakat sehingga menjadi embrio dan cikal bakal pemimpin ke depan baik daerah maupun di Nusantara," pungkasnya.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya