Hibah 15 Juta Dollar AS Dari UEA Untuk Kota Solo Bakal Cair

Digunakan untuk membangun sejumlah fasum.

Surakarta, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo segera menggunakan dana hibah sebesar 15 juta dolar AS dari pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) untuk pembangunan infrastruktur di beberapa titik.

Kendati demikian, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka belum dapat memastikan kapan pembangunan dilakukan.

Baca Juga: Cek Harga Tiket dan Jam Buka Solo Safari, Wajah Baru Jurug Solo Zoo

1. Dana cair menunggu Kemendagri.

Hibah 15 Juta Dollar AS Dari UEA Untuk Kota Solo Bakal CairWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Saat ditemui di kantor Balaikota Solo, Gibran mengaku saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari Menteri Dalam Negeri, lantaran dana jutaan dollar tersebut harus melalui prosedur yakni Kementrian Dalam Negeri.

"Tunggu dulu saja dari pak Mendagri (Menteri Dalam Negeri). Kemendagri dulu baru ke kami. Untuk perinciannya sesuai proposal, keraton dan lain-lain semua ada," katanya, Selasa (11/4/2023).

2. Akan digunakan untuk sejumlah pembangunan di Solo.

Hibah 15 Juta Dollar AS Dari UEA Untuk Kota Solo Bakal CairKunjugan Gibran ke Abu Dhabi. Instagram @wamnews

Lebih lanjut, Gibran mengaku jika dana tersebut akan digunakan untuk pembanguan sejumlah infrastruktur di Kota Solo. Diantaranya penataan rumah tidak layak huni (RTLH) dan fasilitas umum.

Pembagunan sendiri ditarget selesai pada tahun depan. "Yang kecil-kecil bisa tahun ini," katanya.

Selain itu, Gibran juga berencana melakukan penataan kawasan Keraton Surakarta Hadiningrat menggunakan dana hibah dari UEA.

3. Menteri Energi dan Infrastruktur Persatuan Uni Emirat Arab kunjungi Solo.

Hibah 15 Juta Dollar AS Dari UEA Untuk Kota Solo Bakal CairZayed Humanitarian Day di Solo. (Dok/Pemkot Solo)

Disinggung mengenai pembangunan Cultural Center dan rumah sakit yang rencananya juga akan dibiayai oleh pemerintah UEA, menurut dia menggunakan dana yang berbeda dengan kali ini.

"Kemarin itu juga dibahas, ditunggu saja perkembangannya. Intinya kerja sama dengan UAE akan jalan terus, tidak berhenti sampai di sini," katanya.

Sebelumnya, tepatnya pada Senin (10/4/2023) perwakilan dari pemerintah UEA datang ke Solo. Pada kunjungan tersebut Menteri Energi dan Infrastruktur Persatuan Emirat Arab Suhail Mohammed Al Mazroei menandatangani nota kesepahaman dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Baca Juga: 5 Pasar di Solo yang Bakal Jadi Jujugan Wisatawan Selama Libur Lebaran

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya