HIPMI Tunggu Arahan Jokowi di Munas Solo, Jadi Acuan Melangkah

Munas membahas soal calon ketua baru

Surakarta, IDN Times - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) akan mengelar musyawarah nasionan HIPMI (Munas HIPMI) ke XVII di Hotel Alila Solo pada 21--23 November 2022. Salah satu agenda Munas tersebut adalah pembahasan mengenai kandidat calon Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI.

Diketahui, ada tiga kandidat calon Ketua Umum BPP HIPMI yang telah lolos verifikasi, antara lain Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI, Anggawira, Wakil Ketua Umum BPP HIPMI, Akbar Himawan Buchari, dan Sekretaris Jenderal BPP HIPMI, Bagas Adhadirgha.

1. Akan memilih calon pengurus baru BPP HIPMI

HIPMI Tunggu Arahan Jokowi di Munas Solo, Jadi Acuan MelangkahPengurus HIPMI bertemu dengan Walikota Solo Gibran Rakabuming. (IDN Times/Larasati Rey)

Ketua Organizing Committee (OC) Munas HIPMI XVII, Muhammad Ali Affandi mengatakan, agenda Munas XVII nantinya adalah menentukan Ketua Umum BPP HIPMI periode 2022--2025. Selain itu, pada kegiatan itu akan merumuskan program ke depan dan penyampaian laporan pertanggungjawab dari pengurus BPP HIPMI sebelumnya.

Ali memastikan, acara tersebut bakal dihadiri oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Arahan dari kepala negara, menurut dia, akan dijadikan acuan bagi HIPMI untuk melangkah ke depan.

“(Agenda Munas XVII menentukan) nakhoda baru untuk HIPMI tahun 2022-2025. Kami akan menerima arahan dari Pak Jokowi. Kami akan sesuaikan arahan tersebut untuk dirumuskan dalam program kerja nyata,” jelas Ali saat konferensi pers di Balai Kota Solo, Senin (14/11/2022).

Baca Juga: Solo Keroncong Festival Wujud Pengembangan Kearifan Lokal di Solo

2. Munas digelar di Solo

HIPMI Tunggu Arahan Jokowi di Munas Solo, Jadi Acuan MelangkahPengurus HIPMI bertemu dengan Walikota Solo Gibran Rakabuming. (IDN Times/Larasati Rey)

Ali menjelaskan, soal persiapan Munas XVII di Solo itu tergolong singkat. Namun, ia yakin penyelenggaraan Munas pekan depan bisa berjalan dengan baik berkat dukungan dari berbagai pihak.

“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Wali Kota Solo (Gibran Rakabuming Raka) karena bisa dibilang Munas Solo ini merupakan Munas tersingkat persiapannya, tapi kami yakin dengan dukungan seluruh, pihak terutama Wali Kota,” kata Ali.

3. Alasan Kota Solo jadi tempat Munas HIPMI

HIPMI Tunggu Arahan Jokowi di Munas Solo, Jadi Acuan MelangkahWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Ketua Steering Committee (SC) Munas HIPMI XVII, Dede Indra Permana menambahkan, Kota Solo dipilih sebagai lokasi gelaran Munas karena pembangunannya yang progresif. Di lain hal, budaya Jawa di Solo yang kental diyakini bisa membuat HIPMI mawas diri, sehingga lebih berhati-hati dalam mengarungi masa depan.

“Mas Wali (Gibran) menjadi pembina kita semuanya supaya pelaksanaan Munas ini bisa berjalan lancar, kondusif, dan aman. Kepada semua kandidat (Ketua Umum), kita berharap ikut menjaga kelestarian budaya yang ada di Kota Solo,” ujar Dede.

4. Solo padat event

HIPMI Tunggu Arahan Jokowi di Munas Solo, Jadi Acuan Melangkahsurakarta.go.id

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mendukung penuh gelaran Munas HIPMI XVII di Solo. Kendati nyaris berbarengan dengan Muktamar Muhammadiyah ke-48, yakni 18-20 November, bagi Gibran, hal itu bukan masalah berarti.

“Bisa diatur. Totalnya ini kan cuma 1500 (peserta Munas). Nanti tantangannya justru (dalam hal) mencari akomodasi. Yang lain aman,” pungkas Gibran.

Munas XVII HIPMI nantinya juga diwarnai dengan forum dialog yang diisi oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sebagai tokoh muda, Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, dan Ketua KADIN, Arsjad Rasjid.

Baca Juga: Kadin Solo Buka Pendaftaran Calon Ketua Baru 2022-2027, Ini Syaratnya

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya