Jokowi dan Menteri ke Pura Mangkunegaran Solo, Mau Revitalisasi

Bukan soal veneu pernikahan Kaesang dan Erina Gudono

Surakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju berkunjung ke Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (16/10/2022). Mereka diterima Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X.

1. Jokowi dan menteri lihat dalam dan luar istana

Jokowi dan Menteri ke Pura Mangkunegaran Solo, Mau RevitalisasiPresiden Jokowi dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju tinjau Pura Mangkunegran. (IDN Times/Larasati Rey)

Presiden Jokowi dan sejumlah menteri seperti, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadialia terlihat meninjau bagian dalam istana Pura Mangkunegaran selama sekitar satu jam.

Mereka juga meninjau bagian luar istana.

Meski demikian, tidak ada keterangan apa pun yang disampaikan Presiden Jokowi maupun para menteri kepada awak media.

Baca Juga: 4 Fakta Tari Bedhaya Anglir Mendhung, Tarian Sakral Pura Mangkunegaran

2. Gibran bantah Jokowi tinjau venue pernikahan Kaesang

Jokowi dan Menteri ke Pura Mangkunegaran Solo, Mau RevitalisasiWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Usai peninjauan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membantah jika ayahnya meninjau sebagai calon venue untuk pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Gibran mengaku, pertemuannya dengan  tersebut bersifat tertutup.

"Kaesang to? Ra neng kene, ora (Pernikahan Kaesang, ya? Bukan di sini, bukan). Pernikahan kok neng kene, piye to (pernikahan kok di sini, gimana sih)? Kita itu gak bahas pernikahan, sudah diurus Kaesang," ujarnya.

3. Kunjungan Jokowi untuk revitalisasi Mangkunegaran

Jokowi dan Menteri ke Pura Mangkunegaran Solo, Mau Revitalisasipariwisatasolo.surakarta.go.id

Lebih lanjut, Gibran mejelaskan, Presiden Jokowi dan menteri ke Pura Mangkunegaran berterkaitan dengan rencana revitalisasi Kerajaan dinasti Mataram tersebut. Revitalisasi merupakan komitmen Pemerinah Kota (Pemkot) Solo dan pemerintah pusat untuk menjadikan Pura Mangkunegaran sebagai salah satu ikon Kota Solo.

"Komitmen kita untuk merawat Mangkunegaran ini sebagai aset. Kalau kita lihat ini sudah sangat asri, sudah sangat bersih, sudah sangat sering dijadikan tempat untuk event-event bahkan event internasional. Nanti akan kita dijadikan ikon, salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Solo," ujar Gibran.

Baca Juga: Revitalisasi Pura Mangkunegaran, Mangkunegara X Kolaborasi Dengan BUMN

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya