Comscore Tracker

Kampung di Solo Lockdown, 25 Orang COVID-19, Masih Satu RT Sama Gibran

Tertular dari acara buka puasa bersama dan penggunaan MCK

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyatakan jika kasus terkonfirmasi 23 orang warga yang dinyatakan positif COVID-19 merupakan warga satu yang tinggal Rukun Tetangga (RT) dengannya.

1. Gibran satu RT dengan 23 warga yang positif virus corona

Kampung di Solo Lockdown, 25 Orang COVID-19, Masih Satu RT Sama GibranKawasan RT 006 RW 007 Sumber, Solo yang lockdown akibat COVID-19. IDN Times/Larasati Rey

Gibran mengaku jika kasus 23 warga yang positif di RT 006/RW 007 Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo masih satu wilayah dengannya. Ia menyebut saat ini seluruh warga yang kontak langsung dengan warga tersebut sudah menajalani uji swab.

"RT saya, kan sudah ditangani sudah dibawa ke Donohudan beberapa, dan sudah kita swab semuanya. Iya buka bersama yang mengadakan buka bersama dalam keadaan tidak fit, ya itu," ujarnya, Senin(17/5/21).

Gibran mengaku kecolongan adanya kasus warga di lingkungannya yang kedapatan menggelar acara buka bersama dalam kondisi yang tidak sehat. Ke depannya bakal mengevaluasi aturan soal pembatasan kegiatan masyarakat.

"Ini untuk evaluasi kedepanlah, dan mohon dukungannya dari warga Solo semua untuk menghindari dulu kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa. Di SE (Wali Kota Surakarta) juga sudah dijelaskan halalbihalalnya daring dulu," ungkapnya.

Baca Juga: Nyerempet Kena Spion, Gibran Pecat Sopir BST Solo: Lalai

2. Juga transmisi melalui MCK komunal

Kampung di Solo Lockdown, 25 Orang COVID-19, Masih Satu RT Sama GibranKawasan RT 006 RW 007 Sumber, Solo yang lockdown akibat COVID-19. IDN Times/Larasati Rey

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 Kota Solo, Ahyani mengatakan selain melalui kegiatan buka bersama, penyebaran virus terjadi lewat sarana mandi cuci kakus (MCK) di RT tersebut. Pasalnya, warga satu RT menggunakan satu kamar mandi secara bersama-sama atau komunal.

"Jadi mereka menggunakan MCK komunal. Potensi penularan ada di situ. Masyarakat disitu sangat akrab, berinteraksi erat dan mungkin abai protokol kesehatan," tuturnya.

3. Sebagian besar berstatus tidak bergejala

Kampung di Solo Lockdown, 25 Orang COVID-19, Masih Satu RT Sama GibranKawasan RT 006 RW 007 Sumber, Solo yang lockdown akibat COVID-19. IDN Times/Larasati Rey

Ahyani yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo menyatakan saat ini tercatat bertambah menjadi 25 orang warga terkonfimasi COVID-19.

"Sekarang menjadi 25 orang, tambah 2 orang. Yang isolasi 17, dirawat rumah sakit 4, isolasi mandiri 1," ungkapnya

Ihwal awal mula transmisi virus trjadi dari satu keluarga yang terdiri 7 orang dinyatakan positif COVID-19. Namun, setelah Dinas Kesehatan setempat melakukan tracing, jumlah kasus bertambah jadi 23 orang. Kebanyakan dari mereka berstatus orang tanpa gejala (OTG)

Kini, kawasan RT 006/RW 007 ditutup mulai 12--23 Mei 2021. Warga sekitar mengandalkan pemerintah melalui program jogo tonggo untuk kebutuhan logistik harian.

Baca Juga: Perasa Hilang, Nekat Buka Bersama di Solo, Satu RT Lockdown COVID-19

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya