Comscore Tracker

Kemenparekraf Sasar Millenial Kenalkan Wellness Tourism 

Pulihkan perekonomian sektor pariwisata.

Solo, IDN Times - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia megelar wisata edukasi tematik nusantara bertema 'Aromatic Wellness' , acara digelar di Kota Solo dan Magelang, Jawa Tengah tanggal 16-20 November 2020.

Baca Juga: Garuda Buka Rute Baru Solo-Denpasar, Harga Tiket Mulai Rp540 ribuan

1. Memulihkan perekonomian pasca pandemi

Kemenparekraf Sasar Millenial Kenalkan Wellness Tourism Sub Koordinator Promosi Wisata Minat Khusus Budaya Kemenparekraf, Santy Lusiani. IDNTimes/Larasati Rey

Sub Koordinator Promosi Wisata Minat Khusus Budaya Kemenparekraf, Santy Lusiani mengatakan kegiatan wisata edukatif tematik ini digelar untuk memulihkan sektor perekonomian pariwisata pasca terutama di dunia pariwisata.

"Ada tiga tujuan utama yang kita targetkan, pertama memulihkan perekonomian bagi para pelaku wisata yang terdampak pandemi COVID-`9, kedua mengedukasi wisatawan nusantara, apabila berkunjung ke tempat lain wajib menerapkan CHSE (cleanliness, healthy, safety, dan environment sustainbility.red). Dan yang ketiga untuk mempromosikan pariwisata," ujarnya saat ditemui disela Workshop pra-perjalanan Wisata Edukasi Tematik Nusantara 'Aromatic Wellness' di Swiss-bel Hotel, Solo, Selasa (17/11/20).

2. Kenalkan wisata sesuai CHSE

Kemenparekraf Sasar Millenial Kenalkan Wellness Tourism Protokol CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, dan Environment Sustainability). IDNTimes/Larasati Rey

Selain betujuan untuk memulihkan perekonoian ditengah pandemi COVID-19, wisata edukasi tematik tersebut juga menekankan pada cara baru berwisata meski ditengah pandemi COVID-19, yakni dengan menerapkan CHSE di setiap aktivitas wisata yang dilakukan.

Sebanyak 40 peserta baik dari kalangan anak kuliah, pokdarwis, duta wisata, dan media diajak untuk melihat adaptasi kebiasaan baru dunia pariwisata selama pandemi.

Selain di Jawa Tengah, program wisata edukasi tematik nusantara juga digelar serentak di empat provinsi di Indonesia. Keempat provinsi tersebut, yakni Toba-Sematera Utara dengan tema 'Culture Exploration, Belitung dengan tema Islan Exploration, Jawa Barat dengan tema Adventure dan Eco Culture, dan Jawa Timur dengan tema Eco Adventure.

3. Sasar kaum milenial

Kemenparekraf Sasar Millenial Kenalkan Wellness Tourism google

Provinsi Jawa Tengah sendiri, memiliki dua tema wisata edukasi tematik yakni Inspiring Villige dan Aromatic Wellness. Tema tersebut diambil untuk mengenalkan adanya wisata baru yang bisa dikunjungi dan sekaligus sebagai edukasi wisawatan.

Santy mengatakan tema tersebut dimaksudkan untuk menyasar para kaum millenial, dan diharapkan mampu menjadi agent of change untuk menumbuhkan kembali minat masyrakat untuk melakukan kegiatan wisata minat khusus sesuai dengan ketentuan-ketentuan kesehatan yang telah ditetapkan.

"Kita ingin kolaborasikan konsep tradisional dan millenial. Dipilihnya kaum millenial ini karena mereka banyak bersosial media dan bisa mengajak lainnya untuk menumbuhkan kembali minat masyarakt untuk berwisata," pungkas Santy.

Kemenparekraf berharap adanya dua tema wisata edukasi tematik ini bisa membangkitkan kembali pariwisata dan menginspirasi wisatawan nusantara dalam merencanakan dan melakukan perjalanan wisata di masa kenormalan baru.

Baca Juga: Dibuka Kembali, Ini Jam Buka dan Operasional Museum Keraton Solo

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya