Keraton Solo Mulai Direvitalisasi Besar-besaran Mulai September 2023

Akan dikembalikan seperti bentuk aslinya.

Surakarta, IDN Times - Revitalisasi besar-besaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat akhirnya akan dilaksanakan. Revitaliasi yang dilakukan oleh kolaborasi Pemerintah pusat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tersebut akan mulai digarap pada bulan September 2023 mendatang.

Baca Juga: Tim Kecil Revitalisasi Keraton Kaji Ulang Masterplan Keraton Surakarta

1. Gelar pertemuan untuk mematangkan desain.

Keraton Solo Mulai Direvitalisasi Besar-besaran Mulai September 2023Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Pada Selasa (4/7/2023) Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka mengelar pertemuan dengan Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah Ditjen Cipta Karya Kementrian PU PR dan perwakilan dari Keraton Solo di Balaikota pada siang hari.

Dalam pertemuan tersebut, memutuskan jika revitalisasi Keraton Solo akan dimulai secepatnya, dalam minggu kedepan pihak Pemkot akan mengumumkan pemenang lelang proyek revitalisasi keraton tersebut.

"Tungguono minggu depan wae wes tender (tunggu saja minggu depan aja sudah tender)," kata Gibran usai pertemuan.

2. Pembangunan dilakukan secara bertahap.

Keraton Solo Mulai Direvitalisasi Besar-besaran Mulai September 2023Desain alun-alun Keraton Solo. (Dok/Istimewa)

Lebih lanjut, Gibran mengatakan jika revitalisasi dimulai dari area publik di kawasan Keraton Solo, yakni mulau dari penataan Alun-Alun Utara, Alun-Alun Selatan dan pedagang disekitar alun-alun.

"Alun-Alun utara, Alun-Alun Selatan itu yang dari PUPR, nanti yang dari hibah ada lagi. Area-area publik ya, bertahap. Pengerjaannya multiyears multiyers, yang dua alun-alun mulai September 2023 - Juni 2024 ya," kata Gibran.

Gibran mengatakan pembangunan alun-alun nantinya akan dikembalikan sesuai dengan bentuk aslinya termasuk pasir pantai Laut Selatan di kawasan tersebut, mengingat kawasan tersebut merupakan kawasan Cagar Budaya.

3. Dibangun tanpa pagar.

Keraton Solo Mulai Direvitalisasi Besar-besaran Mulai September 2023Desain alun-alun Keraton Solo. (Dok/Istimewa)

Sementara itu, Putra Mahkota Keraton Kasunanan Surakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom (KGPAA) Sudibyo mengatakan proyek pembangunan yang pertama yang akan dibangun yakni alun-alun. Dimana nantinya alun-alun akan dibangun tanpa pagar agar masyarakt bisa leluasa menikmati alun-alun.

"Di Alun-Alun karena itu merupakan icon utama Kota Solo dan nanti disana juga akan ada penataan-penataan UMKM, karena kita juga memikirkan pemberdayaan ekonomi masyarakat," katanya.

Selama proses pembangunan, para PKL disekitar alun-alun nantinya akan direlokasi di pasar darurat untuk sementara. Kemudian setelah pembangunan selesai, PKL akan ditempatkan ke tempat semula.

Baca Juga: Kadin Surakarta Masuk Nominasi Impact Award Solo Great Sale Jadi Acuan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya