Keren! 85,7 Persen Siswa SMA Pradita Dirgantara Solo Lulus SNBT 2023

Terbanyak masuk ke UGM, guys

Surakarta, IDN Times - Pengumuman Ujian Tulis Berbasis Komputer di Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau UTBK SNBT 2023 telah diumumkan, Selasa (20/6/2023) pukul 15.00 WIB. Siswa-siswi angkatan ke-3 SMA Pradita Dirgantara yang dinamakan Triastara berasil meraih prestasi gemilang, yang mana 87,5 persen lulus UTBK SNBT 2023.

1. Lebih dari 85 persen lolos UTBK SNBT 2023

Keren! 85,7 Persen Siswa SMA Pradita Dirgantara Solo Lulus SNBT 2023Kegiatan siswa SMA Pradita Dirgantara. (Dok/Humas SMA Pradita Dirgantara))

Kepala Humas SMA Pradita Dirgantara, Nanang Sari Armanto mengatakan, jika pengumuman UTBK SNBT 2023 memang sudah ditunggu-tunggu Triastara dan seluruh civitas ini lumayan membuat deg-degan. Selepas ibadah sholat Ashar, siswa langsung mengecek di laman resmi pengumuman SNBT.

"Hasilnya, dari 120 siswa kelas 12 SMA PD yang mengikuti UTBK SNBT serentak pada Mei 2023 lalu, 105 siswa berhasil diterima di 14 perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia," ujar Nanang dalam rilis yang dikirimkan kepada IDN Times, Kamis (22/6/2023).

Baca Juga: Pesta Cukur Rambut SMA Pradita Dirgantara Solo, Cetak 3 Rekor MURI

2. Sebagian besar diterima di UGM

Keren! 85,7 Persen Siswa SMA Pradita Dirgantara Solo Lulus SNBT 2023SMA Pradita Dirgantara. (IDN Times/Larasati Rey)

Nanang menyebutkan jika sebanyak 85,7 persen siswa-siswi tersebut diterima di perguruan ternama, salah satu yang terbanyak di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

"Rinciannya, Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi kampus favorit tujuan siswa SMA PD dengan total 36 diterima," ungkapnya.

Selanjutnya Institut Teknologi Bandung sebanyak 19 siswa, Universitas Indonesia sebanyak 13 siswa, Institut Teknologi Sepuluh Nopember sebanyak 11 siswa, Universitas Brawijaya sebanyak 7, Universitas Diponegoro sebanyak 6 siswa, Institut Pertanian Bogor sebanyak 5 siswa, dan Universitas Sebelas Maret sebanyak 2 siswa.

Sementara itu, untuk masing-masing 1 siswa SMA Pradita Dirgantara diterima di Universitas Lampung, Universitas Jendral Soedirman, Universitas Airlangga, Universitas Veteran Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Udayana.

3. Ada yang diterima di perguruan tinggi luar negeri

Keren! 85,7 Persen Siswa SMA Pradita Dirgantara Solo Lulus SNBT 2023SMA Pradita Dirgantara. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, sebanyak 15 siswa yang belum lolos SNBT. Mereka adalah 9 siswa yang masih akan berjuang melanjutkan peminatan ke jenjang berikutnya.

Sisanya, atau 6 siswa yang sudah memastikan diri diterima di perguruan tinggi luar negeri, International Undergradute Program (IUP), dan Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB).

Selain capaian tersebut, pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang diumumkan Maret 2023 lalu, 13 siswa SMA Pradita Dirgantara juga telah memastikan diri diterima di kampus pilihan masing-masing.

"Capaian membanggakan lainnya, 25 siswa SMA Pradita Dirgantara yang juga mengikuti UTBK SNBT, sejatinya juga telah diterima di perguruan tinggi luar negeri," pungkas Nanang.

Baca Juga: Mengenal SMA Pradita Dirgantara Boyolali, Tidak Mendidik Jadi TNI Lho

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya