Mengenal SMA Pradita Dirgantara Boyolali, Tidak Mendidik Jadi TNI Lho

Banyak lulusannya sukses kuliah di luar negeri

Surakarta, IDN Times - SMA Pradita Dirgantara merupakan sekolah swasta dengan konsep world class boarding school yang beralamat di Jalan Cendrawasih Nomor 4, Ngempak, Boyolali, Jawa Tengah.

Sekolah yang berlokasi tepat di depan bandara internasional Adi Soemarmo tersebut mampu bersaing serta menorehkan segudang prestasi. Banyak para lulusan sekolah tersebut diterima di universitas terbaik di Indonesia maupun universitas di luar negeri.

1. Merupakan sekolah dengan berbeasiswa

Mengenal SMA Pradita Dirgantara Boyolali, Tidak Mendidik Jadi TNI LhoKegiatan siswa SMA Pradita Dirgantara. (Dok/Istimewa)

Public Relation Coordinator SMA Pradita Dirgantara, Nanang Sari Atmanto saat ditemui IDN Times mengatakan, sekolahnya menerapkan kurikulum terintegrasi. Yakni International Baccalaureate, Cambridge, dan Kurikulum Nasional.

Sekolah berkonsep boarding dan beasiswa itu khusus diperuntukkan bagi siswa yang sebelumnya telah mengikuti seleksi secara ketat melalui tes di daerah dan pusat (Boyolali).

SMA Pradita Dirgantara merupakan sekolah terbaik ketiga di Indonesia versi LTMPT tahun 2022 dan peringkat 1 di Jawa Tengah. SMA itu juga pernah memecahkan dua rekor MURI pada tahun 2021, dengan lulusan perdana terbanyak diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) dan satu kelas semuanya lolos SBMPTN.

"Siswa yang bersekolah di sini berbeasiswa, mereka yang bersekolah merupakan siswa yang berasal dari seluruh Indonesia," ucap Nanang, Selasa (14/2/2023).

SMA Pradita Dirgantara merupakan sekolah SMA pada umumnya. Nanang mengaku jika SMA Pradita Dirgantara bukan sekolah untuk mencetak anggota TNI. Ia mengaku, jika syarat masuk SMA Pradita Dirgantara cukup sederhana dan sama dengan sekolah lainnya.

"Syarat-syarat pokoknya itu cukup ada dua, pertama nilai rapor pengetahuan dengan rata-rata wajib 90 untuk mapel (mata pelajaran) IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris dihitung dari semester 1- 5 serta syarat kedua skor IQ minimal 115," jelas Nanang.

Baca Juga: 5 Cara Menaklukkan Pelajaran Sekolah yang Sulit, Coba Yang Ini!

2. Cetak lulusan sekolah di luar negeri

Mengenal SMA Pradita Dirgantara Boyolali, Tidak Mendidik Jadi TNI LhoKegiatan siswa SMA Pradita Dirgantara. (Dok/Humas SMA Pradita Dirgantara))

Sejak didirikan pada tahun 2018 lalu hingga sekarang, SMA Pradita Dirgantara telah mencetak lulusan terbaiknya diterima kuliah di luar negeri. Nanang mengatakan, kebanyakan dari mereka merupakan siswa yang meraih beasiswa Indonesia Maju (BIM).

"Kita memang ingin meluluskan banyak siswa study ke luar negeri dan sudah sesuai dengan tagline World-Class Boarding School for Future Leaders. Sekitar ada 3-an siswa yang lulus saat ini diterima di luar negeri. Seperti di University of Chicago, UBC (University of British Columbia), University New South Wales, University of Western Australia, Oregon State University, Universite´Caen Normandie´ Perancis, Universite´ de Toulouse Capitole 1 Perancis, University of Toronto (UoT), dan Nanyang Technological Univertity (NTU Singapore)," jelasnya.

Lebih lanjut, Nanang mengatakan, ada empat tipe siswa yang disiapkan saat mengenyam pendidikan di SMA Pradita Dirgantara. Siswa-siswa bebas memilih sesuai dengan kemampuan dan ketertarikannya.

"Jadi ada peminatan siswa yang fokus untuk perguruan tinggi luar negeri (PTLN), perguruan tinggi negeri (PTN), peminatan TNI/Polri, dan perguruan tinggi kedinasan (PTK)," jelas Nanang.

3. Jalur penerimaan siswa terbilang ketat

Mengenal SMA Pradita Dirgantara Boyolali, Tidak Mendidik Jadi TNI LhoSMA Pradita Dirgantara. (IDN Times/Larasati Rey)

Penerimaan siswa baru di SMA Pradita Dirgantara dibagi menjadi dua jalur. Yakni jalur reguler menggunakan rata-rata nilai rapor pengetahuan dan jalur prestasi melalui prestasi olimpiade sains nasional dan internasional

"Dari penerimaan seleksi akademik yang mendaftar ada 3.306 siswa casis (calon siswa) dari seluruh Indonesia," katanya.

Nanang menjelaskan, dari 3.306 siswa yang mendaftar untuk tahun akademik 2023/2024, hanya 120 siswa yang diterima.

Untuk informasi pendaftaran lebih lanjut bisa dilihat melalui laman: https://sma.praditadirgantara.sch.id atau pada akun resmi media sosial Instagram SMA Pradita Dirgantara, @smapraditadirgantara.

Baca Juga: 23 Pohon Tua Puluhan Tahun di SMA 1 Semarang Ditebang, Beralasan Rapuh

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya