Ketua DPC PDIP Solo Dukung Gibran Maju Jateng 1

Sesuai dengan rekomendasi Ketua Umum PDIP.

Surakarta, IDN Times - Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Solo Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), FX Hadi Rudyatmo (Rudy) mendukung Gibran Rakabuming Raka maju Pemilihan Daerah (Pilkada) 2024 mendatang sebagai calon gubernur (cagub) Jateng.

Hal tersebut menyusul keluarnya survei elektabilitas pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2024 versi Charta Politika, yang menempatkan Gibran Rakabuming Raka berada diurutan teratas.

Baca Juga: Gibran Heran Nomor 1 Survei Pilgub Jateng 2024: Aku Rak Tau Kampanye

1. Dukungan dari Ketua DPC PDIP.

Ketua DPC PDIP Solo Dukung Gibran Maju Jateng 1Gibran Rakabuming Raka (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Ditanya soal survei tersebut, Rudy mengatakan akan mendukung Gibran jika nantinya akan dicalonkan sebagai Cagub Jateng oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Saya mendukung, saya Ketua partai (DPC) punya prinsip, punya komitmen," Rudy, pada Selasa (18/10/2022).

2. Rudy menganggap layak maju Pilgub.

Ketua DPC PDIP Solo Dukung Gibran Maju Jateng 1Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut, Rudy mengatakan jika putra sulung Presiden Joko 'Jokowi' Widodo tersebut layak maju ke Pemilihan Gubernur (Pilgub).

"Ya layaklah maju mau ke Pilgub, yang penting semua rekomendasi dari ketua umum (Megawati Soekarnoputri). Jika layak, kalau tidak mendapatkan rekomendasi ya tidak bisa maju," katanya.

Namun, ditanya soal kelayakan maju sebagai Cagub DKI Jakarta atau Jateng, Rudy tidak memaksa kehendaknya untuk daerah pemilihannya, menurutnya hal tersebut nantinya akan ditentukan oleh Dewan Perwakilan Pusat (DPP) Pusat.

"Mas Gibran maunya di mana. Itu namanya petugas Partai, Mas Gibran mau ditugaskan di mana, mau Jateng atau DKI, itu dari Partai," katanya.

3. Ganjar juga dukung Gibran gantikan dirinya.

Ketua DPC PDIP Solo Dukung Gibran Maju Jateng 1Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberi penjelasan terkait kondisi 10 WNI yang menjadi korban perbudakan di Kamboja. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Sebelumnya, secara pribadi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan dukungannya kepada Givran untuk maju mengantikan dirinya. Ia mengungkapkan secara pribadi pada saat berkunjung di Sukoharjo, pada Jumat (14/10/2022) lalu.

Gibran sendiri menempati puncak survei terkait Preferensi Sosial dan Politik Masyarakat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 Charta Politika Indonesia, dengan memperoleh angka 37,7 persen.

Sementara di urutan kedua ada Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen dengan 17,5 persen, dan mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dengan 7,7 persen.

Survei Charta Politika yang dilakukan pada 20-27 September 2022 tersebut, nemempatkan sejumlah nama yakni Gibran Rakabuming Raka, Taj Yasin Maimoen, Hendrar Prihadi (Hendi), FX Hadi Rudyatmo, Achmad Husein, Sudirman Said, dan Komjen Condro Kirono.

Baca Juga: Isu Ijazah Jokowi Tiap Tahun Mencuat, Gibran: Sampai Bosan Nanggapi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya