Kirab Manten Kaesang - Erina Pakai Baju Adat Dodotan, Ini Lho Maknanya

Acara ngunduh mantu Presiden Jokowi.

Surakarta, IDN Times - Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono gunakan baju ada dodotan atau basahan saat acara ngunduh mantu di Lodji Gandrung, Minggu (11/12/2022).

Kaesang dan Erina memakai baju adat dodotan berwarna hijau. Dodotan atau kemben merupakan kain batik yang digunakan untuk membalut tubuh pengantin wanita tanpa mengenakan kebaya terlebih dahulu.

Kaesang dan Erina keluar dari Lodji Gandrung bersama Kaesang dan menyambut keluarganya yang sudah menunggu di pintu masuk Lodji Gandrung. Kemudia keduanya bergabung brsama keluarga dan kemudian menuju ke pelaminam untuk bertemu dengan keluarga Presiden Jokowi.

 

1. Dodot busana yang berasal dari upacara adat pernikahan di Keraton Surakarta

Kirab Manten Kaesang - Erina Pakai Baju Adat Dodotan, Ini Lho MaknanyaNgunduh kaesang (youtube.com/Presiden Joko widodo)

Dikutip dari berbagai sumber, busana dodot atau juga disebut Jawa Basahan merupakan busana pengantin asal Solo yang berasal dari upacara adat pernikahan di Keraton Surakarta.

Busana dodot juga disebut kampuh yang artinya kain panjang yang dibentuk.Pengantin yang menggunakan busana dodot yakni pakaian adat pengantin laki-laki hanya menggunakan kain panjang (dodot) sepanjang 4,5 meter yang dililitkan di pinggangnya.

Warna untuk dodot ada beberapa macam yaitu, merah, hijau, biru, ungu, coklat, hitam dan bisa disesuaikan dengan permintaan mempelai.

Sedangkan pengantin wanita akan menggunakan kemben ditambah dodot. Sehingga bahu pengantin wanita akan tetap terlihat jika menggunakan pakaian adat Jawa Tengah ini.

2. Makna busana dodot

Kirab Manten Kaesang - Erina Pakai Baju Adat Dodotan, Ini Lho MaknanyaNgunduh kaesang (youtube.com/Presiden Joko Widodo)

Busana pengantin dodotan mempunyai makna kesopanan dan miliki arti harapan pernikahan yang bahagia.

Selain itu dari kain batik yang dipilih juga mengandung arti masing-masing. Ada yang bermakna harapan akan kehidupan yang lebih baik serta doa akan kedamaian dan ketentraman hati.

Busana yang dikenal dengan busana pengantin dodotan umumnya berada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Solo.

3. Kaesang - Erina sumringah

Kirab Manten Kaesang - Erina Pakai Baju Adat Dodotan, Ini Lho MaknanyaNgunduh kaesang (youtube.com/Presiden Joko Widodo)

Kirab resepsi pernikahan Kaesang dan Erina berlangsung meriah di Loji Gandrung sampai Pura Mangkunegaran. Jam 08.30 WIB, sejumlah kereta Kencana berjalan ke akses utama Jalan Slamet Riyadi diiringi musik drum band. 

Kaesang dan Erina naik kereta kencana dengan memakai kebaya basahan. Duduk di dalam kereta kencana, Kaesang dan Erina terus melambaikan tangannya untuk menyambut kemeriahan warga Solo yang menunggu sejak Pagi hari

Sedangkan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang ikut naik kereta kencana bersama Ibu Negara Iriana juga melemparkan senyuman.

Baca Juga: Kirab Resepsi Dimulai Pagi Ini, Kaesang Minum Zam-Zam dan Sungkeman

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya