KOKAM Gelar Apel di Hadapan Presiden Jokowi, Jaga Pemilu 2024 Kondusif

Sepakat turut menjaga kondusifitas selama Pemilu 2024.

Surakarta, IDN Times - Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) menggelar Apel Akbar pada tanggal 20 September 2023 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Apel Akbar ini akan dihadiri oleh 25.000 pasukan KOKAM. Kegiatan tersebut juga dihadiri Presiden RI Joko Widodo, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. K. H. Haedar Nashir, dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, KOKAM Muhammadiyah Apel Siaga di Depan Jokowi

1. Tegaskan menjaga kesatuan dan kesatuan bangsa.

KOKAM Gelar Apel di Hadapan Presiden Jokowi, Jaga Pemilu 2024 KondusifPersiapan Apel KOKAM di Stadion Manahan, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Panglima Tinggi KOKAM sekaligus Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dzulfikar Ahmad Tawalla mengatakan pada Apel Akbar yang KOKAM berkomitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa KOKAM siap berkontribusi dalam menjaga kedaulatan negara dan mewujudkan masyarakat guyub rukun," kata Dzulfikar, Rabu (20/9/2023).

2. Turut serta dalam menjaga kondusifitas Pemilu 2024.

KOKAM Gelar Apel di Hadapan Presiden Jokowi, Jaga Pemilu 2024 KondusifPersonel KOKAM Muhammdiyah. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Dzulfikar menambahkan bahwa KOKAM akan mengerahkan seluruh kadernya untuk mengawal proses Pemilu 2024.

KOKAM akan bekerja sama dengan aparat keamanan dan komponen bangsa lainnya untuk menjaga kondusifitas, persatuan dan kesatuan bangsa.

"Apel Akbar ini merupakan momentum penting bagi KOKAM untuk menunjukkan komitmennya dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya pada perhelatan pemilu 2024" katanya.

KOKAM juga diarahkan pada peran aktif dalam upaya menciptakan integrasi dan kesatuan nasional, senantiasa berpedoman pada khittah, kepribadian, dan kebijakan Pemuda Muhammadiyah, serta melawan semua bentuk politik identitas, SARA, dan hoax.

3. Apel KOKAM pagelaran kebudayaan dan orasi kebangsaan

KOKAM Gelar Apel di Hadapan Presiden Jokowi, Jaga Pemilu 2024 KondusifPersiapan Apel KOKAM di Stadion Manahan, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Apel Akbar KOKAM diisi dengan berbagai kegiatan seperti defile pasukan, pagelaran budaya dan orasi kebangsaan.

Apel Akbar ini juga menjadi sarana untuk konsolidasi organisasi dan meningkatkan soliditas KOKAM dalam menjalankan berbagai peran dan misinya.

KOKAM adalah organisasi yang telah hadir selama 58 tahun dan telah memainkan peran penting dalam berbagai peristiwa penting dalam sejarah bangsa Indonesia. KOKAM didirikan pada tahun 1965 untuk meluruskan kiblat bangsa di tengah konflik politik dan gesekan ideologis di awal kemerdekaan.

KOKAM telah berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan, termasuk bantuan bencana alam, dan dukungan pada agenda transformasi. Di era Reformasi, KOKAM terus berperan aktif dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI, serta mempromosikan nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga: Kokam Muhammadiyah Jateng Kecam Ujaran Kebencian yang Disebarkan Peneliti BRIN

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya