Letusan Gunung Merapi Mirip Kepala Bebek, Warga Percaya Bawa Pesan 

Erupsi Gunung Merapi, Minggu (21/6).

Solo, IDN Times - Ada penampakan aneh pada letusan Gunung Merapi, awan panas yang keluar dari perut Gunung Merapi tersebut membumbung tinggi dan berbentuk menyerupai kapala bebek.

Baca Juga: [BREAKING] Gunung Merapi Kembali Erupsi

1. Mirip kepala bebek

Letusan Gunung Merapi Mirip Kepala Bebek, Warga Percaya Bawa Pesan IDN Times/Larasati Rey

Letusan Gunung Merapi yang terjadi Minggu (21/6) membumbung tinggi hingga penampakan terlihat di Kota Solo. Awan panas yang dikeluarkan dari perut bumi tersebut bahkan menyerupai kepala bebek.

Salah satu warga Klaten, Indira (27) mengatakan jika pagi itu ia tak sengaja melihat awan panas atau yang biasa disebut wedus gembel. Penampakan letusan Gunung Merapi terlihat jelas lantaran pada saat itu cuaca sedang cerah.

“Awannya tinggi kalau dilihat-lihat kayak mirip kepala bebek,” ungkapnya.

2. Dipercaya membawa pesan masa depan

Letusan Gunung Merapi Mirip Kepala Bebek, Warga Percaya Bawa Pesan ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Setiap letusan Gunung Merapi selalu menunjukkan pesan-pesan yang diyakini berkaitan dengan keadaan atau peristiwa Indonesia di masa depan. Hal tersebut sudah tak asing lagi bagi masyrakat Jawa, salah satunya Dyah (40) warga Solo tersebut percaya jika letusan Gunung Merapi berbentuk bebek tersebut memiliki makna yang berkaitan fenomena alam memunculkan tanda-tanda atau orang jawa menyebutkan sebagai gambaran atau fenomena alam terhadap kondisi negara Indonesia saat ini.

Sebelumnya, pada Jumat (27/3) lalu Gunung Merapi juga erupsi, dan letusan gunung tersebut membentuk wajah Semar. Bagi masyarakat Jawa beranggapan itu adalah pertanda baik akan berakhirnya wabah corona.

Dimana tokoh wayang Semar ternyata dipandang bukan sebagai fakta historis, tetapi lebih bersifat mitologi dan simbolis tentang ke-Ihlahian. Tokoh Semar dalam pewayangan digambarkan sebagai manusia yang sederhana dan tidak sombong dengan harta dunia. Semar tidak memakai baju yang dibuat oleh tangan manusia artinya Semar melepaskan segala sifat dari diri manusia, yakni sifat sombong, angkuh, amarah, iri, dengki, jail, keji dan lainnya.

3. Letusan mirip bebek juga pernah terjadi di Gunung Slamet

Letusan Gunung Merapi Mirip Kepala Bebek, Warga Percaya Bawa Pesan IDN Times/dok BPBD Purbalingga

Penampakan awan berbentuk mirip dengan seekor bebek juga pernah terjadi sekitar lereng Gunung Slamet. Warga percaya letusan mirip seokor bebek tersebut sebagai 'Romo Bebek'. Awan 'Romo Bebek' ini muncul Kamis (11/9) siang tadi sekitar pukul 12.45 WIB usai terjadi dentuman diiringi dengan lontaran lava pijar di sekitar lereng Gunung Slamet.

Masyarakat sekitar Gunung Slamet sendiri mempercayainya bahwa Romo Bebek merupakan penguasa Gunung Slamet sebagai gambaran atau tanda-tanda akan ada sesuatu terjadi pada Gunung Slamet.

Selain itu, Romo Bebek ini dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai perwujudan sang penguasa Gunung Slamet yang merupakan anak asuh atau dalam istilah bahasa jawa 'angonan' (asuhan) dari Kyai Slamet yang merupakan nama lain dari Gunung Slamet.

Baca Juga: 12 Video Letusan Gunung Merapi Sampai Hujan Abu, Tinggi Erupsi 5 Km

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya