Melihat Pasar Kangen di Pertunjukan Sudamala di Solo, Awas Ketagihan!

Banyak cashback nih

Surakarta, IDN Times - Pasar Kangen yang digelar di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah menghadirkan beragam kuliner tradisional Nusantara.

Tak hanya itu, selama penyelenggaraan Pasar Kangen mulai tanggal 23-25 Juni 2023 terdapat cashback hingga 30 persen dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

1. Pasar Kangen pernah digelar di Yogyakarta

Melihat Pasar Kangen di Pertunjukan Sudamala di Solo, Awas Ketagihan!IDNTimes/Holy Kartika

Pasar Kangen merupakan acara tahunan yang biasa digelar di Yogyakarta sejak 2007. Acara itu mempertemukan tradisi, kuliner, kesenian, dan kreativitas serta mengemasnya dengan suasana tempo dulu.

Pada tahun ini, Pasar Kangen untuk pertama kalinya digelar di Solo dan
sekitar 60 UMKM dari Solo dan sekitarnya turut meramaikan hajatan istimewa ini.

Pendiri sekaligus Ketua Pasar Kangen Jogja, Ong Hari Wahyu bercerita bahwa Pasar Kangen merupakan bentuk usaha ketahanan pangan.

“Spirit yang mendasari Pasar Kangen itu adalah ketahanan pangan. Makanan lokal dan tradisi kita harus dipertahankan karena saat ini banyak gempuran makanan dari luar negeri. Sebab kuliner itu bagian dari kebudayaan, tidak sekadar makanan. Maka ini harus dipertahankan supaya generasi di bawah kita mengerti dan mengenal makanan khas kita,” ujar Ong, Sabtu (24/6/2023).

Baca Juga: Resep Soto Daging Khas Banyumas, Gurihnya Bikin Kangen

2. Hadirkan cashback melimpah

Melihat Pasar Kangen di Pertunjukan Sudamala di Solo, Awas Ketagihan!Pasar Kangen di Pertunjukan Sudamala. (Dok/BCA)

Untuk menyemarakkan Pasar Kangen yang digelar selama 23--25 Juni 2023, BCA memberikan kejutan kepada pengunjung berupa cashback hingga 30 persen untuk 1.500 transaksi pertama. Promo ini berlaku untuk transaksi menggunakan QRIS di aplikasi myBCA, BCA mobile, dan Sakuku. Cukup menunjukkan bukti transaksi di booth BCA, pengunjung memperoleh cashback hingga Rp15 ribu dengan transaksi minimal Rp50 ribu.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F Haryn menyatakan, promo tersebut hanya salah satu langkah konkret perseroan dalam mendukung pelestarian budaya Tanah Air yang begitu kaya.

“Produk kebudayaan Indonesia begitu banyak sehingga menjadi panggilan bagi kami untuk turut memperkenalkan kuliner khas tradisional kepada masyarakat
luas melalui Pasar Kangen ini. Tidak hanya dengan penawaran menarik, BCA juga berperan aktif dalam memberikan pembinaan kepada UMKM dalam mengembangkan bisnisnya,” ujar Hera.

3. Permudah pembayaran

Melihat Pasar Kangen di Pertunjukan Sudamala di Solo, Awas Ketagihan!Pertunjukan Sudamala di Solo. (Istimewa)

Sebagai perbankan nasional, ada berbagai cara dalam memberi dukungan untuk UMKM. Salah satunya dengan memberi pembinaan kepada UMKM agar memperoleh pengetahuan dan akses yang diperlukan dalam berbisnis. Sejumlah peserta yang merupakan binaan BCA merasakan betul bantuan BCA dari waktu ke waktu seperti halnya yang hadir sebagai tenant di Pasar Kangen ini.

Agung Ngoro, salah satu UMKM di bawah naungan Bangga Lokal BCA yang hadir sebagai peserta di Pasar Kangen, mengaku cara BCA dalam mendorong UMKM naik kelas tidak dengan cara instan seperti memberikan permodalan.

“Jadi yang saya rasakan itu dampak terbesar itu adalah trust. Ketika ada agen atau pembeli grosir ada keraguan bertransaksi dengan kita, mereka bisa cek nama kita ada di website BCA. Event offline seperti ini juga sangat membantu karena memberikan eksposur yang tidak kecil bagi kita, ini yang jika diukur nilainya sangat besar,” tutur Albert Suproyogi, pemilik Agung Ngoro.

Baca Juga: Cek Harga Tiket dan Jam Buka Solo Safari, Wajah Baru Jurug Solo Zoo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya