Monitoring di Sragen, Pertamina Pastikan LPG 3 Kilogram Aman

Sehari Pertamina salurkan 278 ribu LPG subsidi di Solo Raya

Sragen, IDN Times - Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah memastikan pasokan LPG 3 kg bersubsidi di wilayah Kabupaten Sragen tetap tersedia.

Guna meningkatkan pengawasan dan memastikan ketersediaan stok LPG 3 kg, Pertamina bersama Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) Kabupaten Sragen melakukan peninjauan bersama di sejumlah pangkalan di Sragen.

1. Diskumindag Sragen ikut monitoring.

Monitoring di Sragen, Pertamina Pastikan LPG 3 Kilogram AmanMonitoring stok LPG 3 kg di Kabupaten Sragen. (Dok/Pertamina)

Kepala Diskumindag Sragen, Cosmas Edwi Yunanto mengatakan tim dari Diskumindag telah turun ke lapangan untuk mengecek ketersedian LPG 3 Kg. Sejauh ini kondisi stok tetap tersedia di lapangan serta antrian masyarakat kondusif.

“Kami berharap agar adanya monitoring bersama ini bisa langsung mengetahui potret di lapangan selanjutnya diharapkan dengan pantauan yang dilaksanakan, agar stok terjamin dan penyaluran LPG 3 kg bersubsidi kepada masyarakat juga tidak mengalami hambatan," ujar Cosmas dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Kamis (3/8/2023).

Cosmas juga menghimbau kepada masyarakat Sragen untuk tidak panic buying dan membeli LPG 3 kg sesuai kebutuhan serta diharapkan juga kesadaran masyarakat bahwa LPG 3 kg bersubsidi ini hanya untuk masyarakat yang kurang mampu.

Baca Juga: Pangkalan di Semarang Mulai Data Pengguna Subsidi Tepat LPG 3 Kilogram

2. Minta masyarat tak panik soal stok LPG

Monitoring di Sragen, Pertamina Pastikan LPG 3 Kilogram AmanIlustrasi tabung gas (LPG) subsidi dan non subsidi Pertamina. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Pengecekan tersebut didampingi oleh Sales Branch Manager (SBM) Rayon VII Yogyakarta, Hanif Pradipta dengan mengunjungi dua pangkalan yang berada di Kecamatan Sragen Wetan, Sragen dan melihat bahwa pasokan tersedia dan penyerapan atau pembelian dalam kondisi normal.

“Kami melihat dan bertanya kepada pangkalan dan konsumen bahwa tidak ada antrian dan LPG 3 kg masih tersedia di beberapa pangkalan dengan stok normal sehingga bisa dikatakan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Hanif.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk membeli LPG di pangkalan resmi yang sudah terjamin harganya sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh Surat Keputusan (SK) Gubernur. Apabila ada harga LPG di atas HET yang telah ditetapkan bukan dari lembaga penyalur resmi Pertamina," tegas Hanif.

Pertamina mengajak masyarakat untuk bersama mengawasi pendistribusian LPG bersubsidi agar LPG bersubsidi tersebut dapat benar-benar digunakan oleh masyarakat yang berhak.

“Apabila warga menemukan indikasi kecurangan masyarakat dapat segera melaporkan kepada aparat penegak hukum, atau melalui PCC (Pertamina Call Center) 135,” tutup Hanif.

3. Setiap hari 278 ribu LPG Subsidi disalurkan

Monitoring di Sragen, Pertamina Pastikan LPG 3 Kilogram AmanIlustrasi penambahan kuota gas elpiji 3 kilogram. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Berdasarkan data dari Pertamina, jumlah total penyaluran LPG 3 kg di Soloraya saat ini sebanyak 278.002 tabung/hari. Penyaluran LPG 3 kg di Kabupaten Sragen sendiri tergolong tinggi yakni mencapai 43.161 tabung/hari.

Adapun rincian penyaluran LPG 3 kg di Soloraya sebagai berikut:

  • Surakarta 30.034 tabung/hari
  • Klaten 46.652 tabung/hari
  • Boyolali 39.945 tabung/hari
  • Sragen 43.161 tabung/hari
  • Wonogiri 32.174 tabung/hari
  • Sukoharjo 39.866 tabung/hari
  • Karanganyar 46.170 tabung/hari.

Baca Juga: Stok dan Suplai Aman, Warga Jateng Diimbau Bijak Pakai LPG 3 Kilogram

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya