Comscore Tracker

Padamkan Kebakaran Pakai Beskap, Foto Rudy ini Bikin Gibran Kagum 

Gibran beri apresiasi foto-foto 44 tahun perjalanan akar

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming beserta Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa dan jajaran Forkopimda menghadiri acara pembukaan pameran foto 44 Tahun Perjalanan Sang Akar Dalam Bingkai Fotografi di Pendopo Pucang Sawit, Rabu (10/11/2021).

Baca Juga: Pergoki Siswa, Guru Tak Bermasker Gibran Tinggalkan Mobil di Sekolah

1. Merupakan foto perjalanan hidup mantan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo

Padamkan Kebakaran Pakai Beskap, Foto Rudy ini Bikin Gibran Kagum Gibran Rakabuming dan FX Hadi Rudyatmo hadiri pamaran foto Sang Akar. IDNTimes/Larasati Rey

Pameran Foto “44 Tahun Perjalanan Sang Akar Dalam Bingkai Fotografi” merupakan pameran foto perjalanan hidup Fransiskus Xaverius Hadi Rudyatmo mulai dari kecil hingga meniti karir menjadi Walikota Surakarta pada tahun 2012.

Mantan Walikota Solo, F.X Hadi Rudyatmo (Rudy) menuturkan bahwa Pameran Foto “44 Tahun Perjalanan Sang Akar Dalam Bingkai Fotografi” menceritakan mengenai kisah perjuangan perjalanan hidupnya.

“Saya mulai berjuang menjadi akar sejak usia 15 tahun, saya punya keinginan niat dan Tuhan mengizinkan saya menjadi pelayan masyarakat. Pelayan masyarakat itu kita ibaratkan seperti akar tugasnya hanya mencari air menembus tanah yang keras bahkan bebatuan hanya demi sebatang pohon, maksudnya ketika hidup ini menderita kita tidak boleh menyerah,” jelasnya.

2. Diapresiasi oleh Gibran

Padamkan Kebakaran Pakai Beskap, Foto Rudy ini Bikin Gibran Kagum Gibran Rakabuming dan FX Hadi Rudyatmo hadiri pamaran foto Sang Akar. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Gibran mengaku sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya Pameran Foto “44 Tahun Perjalanan Sang Akar Dalam Bingkai Fotografi” yang memberikan makna perjalanan hidup dari F.X Hadi Rudyatmo.

“Luar biasa sekali pameran foto yang disajikan tadi kita bisa belajar perjalanan perjuangan dari pak Rudy mulai dari kecil hingga meniti karir sampai menjadi Wali Kota Surakarta dalam 2 periode, jadi kita bisa lihat momen-momen yang bisa diabadikan misalnya membopong mbah-mbah yang sakit hingga meninjau Pasar Klewer yang kebakaran dan kontribusi beliau bagi Kota Solo sangatlah luar biasa,” kata Gibran.

3. Gibran kagumi foto-foto Rudy dan Jokowi

Padamkan Kebakaran Pakai Beskap, Foto Rudy ini Bikin Gibran Kagum Salah satu foto Mantan Walikota Solo, Fx Hadi Rudyatmo dalam pameran. IDNTimes/Larasati Rey

Lebih lanjut, Gibran mengaku ada beberapa foto yang menurutnya sangat inspiratif dan baru ia ketahui. Diantaranya, foto Rudy saat ikut memadamkan api dengan menggunakan pakaian beskap saat kebakaran Pasar Klewer beberapa waktu lalu, serta foto dirinya bersama Wali Kota Joko Widodo saat pertama kali melakukan uji emisi mobil Esemka.

"Tadi ada macam-macam ya seperti tadi Pak Rudy pakai beskap ikut memadamkan api, terus waktu jadi sopir mobil Esemka, ada juga foto bayar tunggakan listrik dan Pak Rudy ngelas waktu masa purna tugasnya, bagus sekali tadi fotonya saya suka," ungkapnya.

Pameran Foto “44 Tahun Perjalanan Sang Akar Dalam Bingkai Fotografi” ditandai dengan pembukaan secara simbolis pemotongan pita sekaligus pembukaan foto oleh Walikota Solo dan F.X Hadi Rudyatmo dan dilanjutkan dengan peninjauan secara langsung karya fotografi di dalam Pendopo Pucang Sawit.

Baca Juga: Gak Perlu Menyamar, Guru di Solo Tertangkap Basah Gibran Gak Bermasker

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya