Peringkat 6 Startup Terbanyak 4 Menteri Dorong UMKM Indonesia Mendunia

Proteksi terhadap UMKM dalam negeri

Surakarta, IDN Times - Kementerian Koperasi dan UKM bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menggelar acara: Road to Indonesia Startup Ecosystem Summit (ISES 2023), yang berlangsung di Solo Techno Park, Jumat (11/8/2023).

Acara tersebut juga dihadiri oleh empat menteri Kabinet Indonesia Maju, yakni Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Menteri Komunikasi dan Informasi Budi Arie Setiadi.

Keempat menteri tersebut menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk 'Road To Indonesia Startup Ecosystem Summit 2023' yang membahas strategi agar UMKM Indonesia naik kelas dan bisa bersaing di pasar dunia.

Baca Juga: Wajah Baru Solo Techno Park, Ada Gedung Baru dan Fasilitas Olahraga

1. Startup Indonesia duduki peringkat ke-6.

Peringkat 6 Startup Terbanyak 4 Menteri Dorong UMKM Indonesia MenduniaIndonesia Startup Ecosystem Summit 2023 di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam sambutannya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan pemerintah mendukung penuh perkembangan start-up di Indonesia, sebagai upaya untuk mendorong UMKM dan perusahaan rintisan untuk melahirkan lebih banyak unicorn dan decacorn.

Luhut juga menjelaskan jika berdasarkan data Start-up Ranking, jumlah perusahaan rintisan di dunia per 10 Mei 2023 mencapai 144.688. Dan Indonesia tercatat memiliki 2.492 start-up. Jumlah tersebut membuat Indonesia berada diperingkat ke-6 secara global.

"Indonesia mampu melampaui jumlah startup di Jerman yang tercatat sebanyak 2.423 perusahaan. Lalu juga Perancis yang hanya memiliki 1.611 startup," jelas Luhut.

Sementara di posisi pertama yakni Amerika Serikat dengan jumlah start-up terbanyak di dunia yakni 77.554 start-up. Diposisi kedua disusul India yang memiliki 17.209 startup. Kemudian, jumlah startup di Inggris dan Kanada masing-masing sebanyak 7.046 perusahaan dan 3.902 perusahaan.

" Presiden meyakinkan bahwa startup Indonesia bisa terus tumbuh dan menjadi pemain utama di Asia, sehingga bisa mendorong nilai ekonomi digital indonesia USD 130 miliar pada tahun 2025, dan USD 315 miliar dolar pada 2030," jelas Luhut melalui sambutan online.

2. Buka ekosistem perdagangan luar negeri.

Peringkat 6 Startup Terbanyak 4 Menteri Dorong UMKM Indonesia MenduniaIndonesia Startup Ecosystem Summit 2023 di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Dikesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengaku tengah membuka akses pasar internasional dengan 45 negara dalam Perwakilan Dagang, yang bisa dimanfaatkan UMKM Indonesia.

Kemendag juga membuat ekosistem melalui perdagangan digital yang melibatkan empat pilar, yakni UMKM, ritel modern, marketplace, dan lembaga pembiayaan.

"Kita sudah menyelesaikan 35 perjanjian dagang, yang utama ASEAN sudah selesai. Kita bebas tarif. Dengan Timur Tengah sudah selesai, melalui UEA. Kalau kita mau ke Amerika Latin, sudah selesai melalui Meksiko," kata Zulkifli.

Selain itu, penataan regulasi juga dilakukan untuk mengatur perdagangan elektronik (e commerce), yakni dalam penyempurnaan Permendag Nomor 20 Tahun 2020 untuk menata e commerce agar produk luar negeri tidak menyerbu pasar Indonesia. Hal ini, agar UMKM Indonesia bisa terus berkembang.

3. Perlunya sinergitas antar kementerian.

Peringkat 6 Startup Terbanyak 4 Menteri Dorong UMKM Indonesia MenduniaIndonesia Startup Ecosystem Summit 2023 di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengatakan perlunya sinergitas antar kementrian agar produk dalam negeri tidak kalah bersaing dengan produk luar.

Pihaknya menyoroti adanya produk ekspor dengan harga murah, yang dikhawatirkan bisa berpengaruh terhadap produk UMKM dalam negeri.

"Kalau market kita dibuka bebas, tanpa ada izin BPOM, izin halal, langsung ke konsumen lewat ritel online itu, menurut saya bodoh kita kalau seperti itu. Nah, ini yang harus kita atur," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga mendorong adanya keseimbangan perdagangan di Indonesia bagian timur hingga Indonesia bagian barat, termasuk jalur transportasi sehingga ketimpangan produk UMKM dalam negeri tidak begitu jauh.

Baca Juga: Indofarma Buka  Gerai dan Pelatihan Herbal di Solo Techno Park

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya