Keren! Pertama Kali, Atlet Disabilitas Pimpin Upacara di Solo

Sebagai bentuk penghargaan

Surakarta, IDN Times - Untuk pertama kalinya, atlet tenis meja pada gelaran ASEAN Paragames 2022, Ana Widyasari menjadi pemimpin upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 pada Selasa (19/12/2023) di halaman Balaikota Solo.

Ana ditunjuk oleh Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming sebagai bentuk apresiasi terhadap tokoh perempuan yang berprestasi.

1. Ana mengaku sangat grogi

Keren! Pertama Kali, Atlet Disabilitas Pimpin Upacara di SoloAtlet tenis meja Asean Paragames, Ana Widyastuti jadi pemimpin upacara Bela Negara di Balaikota Solo. (Dok/Humas Pemkot Solo)

Ana memimpin upacara dengan mengenakan pakaian adat Lampung berwarna merah. Ditemui usai upacara, Ana mengaku grogi saat akan naik ke podium untuk memimpin jalannya upacara. Meski demikian, ia sukses mempimpun ratusan peserta yang notabene merupakan pegawai negeri sipil (PNS) Pemkot Solo.

"Ya grogi saja tadi, latihannya kemarin sama tadi pagi," ujarnya.

Kendati demikian, peraih mendali emas dalam ajang ASEAN Paragames 2022 tersebut mengaku senang bisa diundang oleh Walikota dan mendapatkan kesempatan memimpin upacara.

"Ini adalah momen yang sangat penting, mungkin harapannya supaya kami dari NPC , setiap kali ada momen seperti ini bisa dilibatkan lagi," ujarnya.

Seperti diketahui Ana Widyasari merupakan salah satu atlet Kota Solo yang berlaga di ASEAN Paragames 2022 bersama 13 atlet asal Solo lainnya. Pada gelaran tersebut tim para tenis meja Indonesia total pengumpulkan 27 emas, 16 perak, dan 22 perunggu untuk Kontingan Indonesia ASEAN Paragames. Dalam kompetisi olahraga para atlet difabel se-ASEAN yang berlangsung sejak tanggal 30 Juli hingga 6 Agustus, Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan raihan 175 medali emas, 144 medali perak, 106 medali perunggu.

Baca Juga: 9 Kuliner Khas Solo Ini Pasti Bikin Kamu Ketagihan!

2. Ingin menonjolkan kaum perempuan

Keren! Pertama Kali, Atlet Disabilitas Pimpin Upacara di SoloWalikota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama atlet Asean Paragames. (IDN Times/Larasati Rey)

Pada momen ini, upacara digelar juga sekaligus peringatan Hari Ibu 2023 dengan tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Keterlibatan kaum perempuan tersebut juga ditampilkan dalam sajian tari oleh ibu-ibu Dharma Wanita Kota Solo dalam pembukaam upacara tersebut.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, dirinya senjaga menonjolkan kaum perempuan dalam momen Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember. Ia mengaku jika keterlibatan kaum perempuan untuk Kota Solo besar sekali.

"Ya ini kan Hari Ibu kita ingin menonjolkan perempuan-perempuan hebat yang ada di Solo, dan keterlibatan kaum perempuan kan luar biasa sekali di Solo untuk masalah stunting, untuk masalah UMKM. Ini hari ini ada atlet tenis meja yang berprestasi peraih mendali emas," kata Gibran.

Upacara Peringatan Bela Negara yang dirangkaikan dengan Hari Ibu ini diikuti oleh Forkompimda, ASN Pemerintah Kota, dan Gabungan Organisasi Wanita. Seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat daerah atau nasional dalam rangka menyambut Hari Ibu.

3. Sebagai bentuk penghargaan

Keren! Pertama Kali, Atlet Disabilitas Pimpin Upacara di SoloWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Gibran mengaku sengaja melibatkan tokoh masyarakat dan atlet berprestasi untuk menjadi inspektur upacara (irup) dalam setiap momen upacara peringatan di kantor Balaikota Solo. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penghargaan dan apesiasi atas kerja kerasnya dalam memajukan Kota Solo.

"Ya kan memang akhir2 ini inrup nya dari luar semua, dari Bawaslu, dari Veteran dan hari ini dari atlet Para Games peraih mendali emas," pungkas Gibran.

Baca Juga: Dugaan Pelanggaran Pemilu Kegiatan Desa Bersatu, Gibran Tunggu Bawaslu

Topik:

  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya