Pesan Gibran ke Wali Kota Solo Pengganti: Bisa Fokus Non Fisik

Pertumbuhan ekonomi Solo di atas Semarang, Ibu Kota Jateng

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memamerkan keberhasilan 17 titik prioritas pembangunan Kota Solo dihadapan para alumnus SMA Negeri 3 Surakarta, di Hotel Alila Solo, Jumat (3/3/2023). Di antara alumni tersebut, salah satunya terdapat Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

1. Gibran ungkap cita-citanya usai tahun 2024

Pesan Gibran ke Wali Kota Solo Pengganti: Bisa Fokus Non FisikPeresmian Solo Techno Park. (Dok/Shopee Indonesia)

Dalam acara Seminar Nasional Bangkit Bersama dan Semakin Berdaya yang digelar oleh Roemah Tiga tersebut, Gibran memaparkan 17 titik prioritas pembangunan di daerahnya. Antara lain kawasan Ngarsapura, Mangkunegaran, Solo Safari, Balekambang, elevated railway Joglo, Masjid Sheikh Zayed, STP, Lokananta, dan Pasar Jongke.

Gibran ikut menyampaikan, jika ke depan, setelah tahun 2024 atau dirinya akan purna tugas.

Ia berharap, wali kota berikutnya tidak lagi memikirkan pembangunan fisik dan berfokus pada pengerjaan nonfisik. Sebab, semua pekerjaan fisik sudah dikerjakannya saat ia memimpin Kota Solo.

"Cita-cita saya setelah 2024 nanti, Wali Kota Solo itu tidak perlu memikirkan bangunan fisik. Cukup fokus nonfisik yang ada di Solo Techno Park (STP)," ujarnya.

Baca Juga: Budayawan Solo: Gelar KPH Gibran Tertinggi di Luar Keturunan Raja

2. Kenalkan Solo Techno Park yang paling aktif di Indonesia

Pesan Gibran ke Wali Kota Solo Pengganti: Bisa Fokus Non FisikSolo Techno Park. (IDN Times/Larasati Rey)

Gibran mengatakan, jika di Indonesia banyak sekali techno park di beberapa daerah. Namun ia mengeklaim techno park di Solo lebih aktif dan berkembang dari daerah lain. Oleh karena itu, ia menginginkan Solo lebih terbuka untuk investasi dibanding kota lain.

"Makanya kami inisiasi dengan pelatihan cyber security. Ini perlu, karena kita ingin mendukung programnya pak Menteri Pendidikan, program Merdeka Belajar. Kita ingin setelah kuliah, anak anak UNS, ISI, dan UMS nongkrongnya di Solo Techno Park," katanya.

Salah satu pelatihan tersebut adalah melibatkan SKK Migas dan Acer untuk membuat sekolah gaming.

3. Petumbuhan ekonomi di Solo lebih dari 6 persen

Pesan Gibran ke Wali Kota Solo Pengganti: Bisa Fokus Non FisikPedagang pisang di Pasar Gedhe Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Gibran berharap, adanya kerja sama dengan sekolah-sekolah di Solo dapat melibatkan para siswanya dalam pengembangan pelajaran nonformal yang mungkin tidak diajarkan di sekolah. Menurutnya, pelatihan-pelatihan di Solo Techno Park ke depan akan membantu anak muda di Solo mencari pekerjaan dan ketrampilan di luar sekolah.

Di samping itu, suami Elvi Ananda itu mengaku jika pembangunan fisik dan nonfisik bisa mengerakkan pertumbuhan ekonomi di Kota Solo. Ia menyebutkan, saat pertama kali dilantik sebagai Wali Kota Solo, pertumbuhan ekonominya masih -1,74 persen. Melihat angka pertumbuhan ekonomi tersebut, kini mengaku kondisi perekonomian sudah baik.

"Sangat memprihatinkan sekali. Satu tahun kami kerja naik ke angka 4,01 persen, dua tahun kami kerja pertumbuhan ekonominya sudah di angka 6,25 persen. Ini lebih tinggi dari rata-rata di Jateng, lebih tinggi dari rata-rata nasional, lebih tinggi dari ibu kota Jawa Tengah, Kota Semarang," akunya.

Baca Juga: LHKPN Gibran Rp26 Miliar, Tapi Punya Hutang KPR Rumah di Solo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya