Pj Gubernur Jateng Janji Bangun Rumah Korban Kebakaran Gudang Rosok

Ingatkan warga berhati-hati dan waspadai perubahan iklim

Kota Surakarta, IDN Times - Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana meninjau langsung kondisi kebakaran gudang rosok di Kelurahan Pasar Kliwon, Solo, Rabu (4/10/2023). Nana memastikan fasilitas dan logistik bagi pengungsi aman.

1. Bantu renovasi rumah terdampak kebakaran

Pj Gubernur Jateng Janji Bangun Rumah Korban Kebakaran Gudang RosokKebakaran gudang rosok di Pasar Kliwon, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Nana menjelaskan jika terdapat 7 bagunan rumah yang terdampak kebakaran gudang rosok. Pihaknya memastikan kepada warga yang menjadi korban untuk tidak khawatir karena pihaknya tengah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk memperbaiki rumah warga yang terdampak kebakaran.

"Ada tujuh rumah yang terbakar dan tujuh rumah nanti akan kami koordinasikan akan dibantu oleh Pemkot Solo. Dalam artian pemerintah akan memberikan atensi untuk memperbaiki atau merenovasi rumah-rumah yang terbakar itu," jelasnya usai peninjauan.

Nana memastikan jika kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Selain perbaikan rumah, pihaknya membantu logistik di pos pengungsian.

"Kami akan membantu disamping memperbaiki kami memberikan bantuan berupa logistik. Dan kebakaran masih dalam penyelidikan. Dalam hal ini kami mengatensi terkait kebakaran ini," imbuhnya.

Baca Juga: Buntut Kebakaran TPA Jatibarang, Buang Sampah Sembarangan Didenda Rp50 Juta

2. Ingatkan soal perubahan iklim dan kekeringan

Pj Gubernur Jateng Janji Bangun Rumah Korban Kebakaran Gudang RosokPj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam kesempatan tersebut, Nana menyinggung soal perubahan iklim sehingga menimbulkan banyak kekeringan akibat badai El Nino yang melanda Indonesia. Ia mengakui jika saat ini banyak terjadi kebakaran di wilayah Jawa Tengah.

Tak hanya di pemukiman tetapi juga kebakaran hutan, serta kebakaran tempat pembuangan sampah (TPA) yang terjadi di TPA Putri Cempo di Solo dan TPA Jatibarang di Semarang.

"Jadi saat ini kami sampaikan ini perubahan iklim dan efek dari fenomena El Nino sehingga menimbulkan kekeringan bahkan banyak sekali kejadian-kejadian kebakaran baik itu di permukiman termasuk di hutan," jelasnya.

3. Meminta warga tak lupa mematikan kompor dan tak sembarangan buang putung rokok

Pj Gubernur Jateng Janji Bangun Rumah Korban Kebakaran Gudang RosokProduksi kain batik yang terbakar akibat kebakaran di gudang rosok Pasar Kliwon. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Nana mengajak warga masyarakat di Jawa Tengah untuk tetap waspada dan berhati-hati. Ia mengimbau kepada warga untuk tidak lupa mematikan kompor saat hendak meninggalkan rumah, dan tidak membuang putung rokok sembarangan.

"Nah terkait dari permukiman saya selaku Pj Gubernur Jateng menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati. Artinya dalam situasi saat ini kita meninggalkan rumah harus betul-betul artinya listrik harus betul-betul dimatikan, kemudian misalnya ibu-ibu didapur dipastikan betul-betul kompor itu mati setelah memasak karena ini dapat memicu kebakaran apalagi saat ini dalam situasi kekeringan," himbau Nana.

"Kemudian juga masalah bagi para perokok, kadang-kadang membuang putung rokok semaunya, dan ini pun sangat memicu terjadinya kebakaran dan bisa merembet kemana-mana," pungkasnya.

Baca Juga: Kebakaran Gudang Rosok di Solo, 10 Bangunan Ludes!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya