Kebakaran Gudang Rosok di Solo, 10 Bangunan Ludes!

Puluhan warga terdampak mengungsi

Surakarta, IDN Times - Selasa (3/10/2013) malam terjadi kebakaran sekitar pukul 17.00 WIB. Kebakaran terjadi di sebuah gudang rosok di RW 12 kelurahan Pasar Kliwon, Solo.

Api tersebut menjalar dengan cepat hingga menyebabkan 6 rumah terbakar dan satu pabrik terbakar sebagian.

Baca Juga: Upaya Gibran Ubah Image Kota Solo Yang Disebut Penghasil Teroris

1. Tak ada korban jiwa

Kebakaran Gudang Rosok di Solo, 10 Bangunan Ludes!Kebakaran gudang rosok di Pasar Kliwon, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Kapolresta Kota Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan gudang rosok tersebut berisi berbagai barang yang mudah terbakar. Gudang rosok yang ada di kawasan padat penduduk. Dan pada saat itu, para karyawan yang biasa bekerja di gudang tersebut mulai pulang.

"Memang isinya barang barang yang mudah terbakar. Ada kayu, besi, plastik, potongan sisa bahan bangunan. Gudang ini milik bapak Agus Sumadyo," katanya Rabu (4/10/2023).

"Saat pekerja terakhir meninggalkan tempat, warga menginformasikan ada asap di dalam. Pekerja tersebut kembali masuk dan didapati titik api. Saat itu pekerja berusaha memadamkan tapi tidak mampu," jelasnya.

Iwan memastikan tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. Pihaknya juga mengerahkan Babinkamtibmas untuk membantu warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Hingga saat ini penyebab kebakaran belum diketahui, namun pada Rabu siang Tim Lapfor dari Polda Jawa Tengah tengah datang untuk menyelelidiki penyebab kebakaran.

2. Puluhan warga terdampak mengungsi

Kebakaran Gudang Rosok di Solo, 10 Bangunan Ludes!Kebakaran gudang rosok di Pasar Kliwon, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Dari pantauan IDN Times di lokasi api sudah mulai padam dan sejumlah petugas kebakaran pun masih terlihat memadamkan api dari beberapa titik.

Api tersebut tak hanya menghabiskan isi gudang tersebut, tetapi juga membakar enam unit rumah warga yang berada disekitarnya.

Bedasarkan data terdapat 10 KK dengan jumlah 33 jiwa terdampak langsung kebakaran tersebut.

Kebakaran tersebut juga menjalar dan membakar 1 gedung serbaguna Posyandu RW 12, 1 WC umum dan 1 pabrik batik printing.

3. Api sudah mulai padam

Kebakaran Gudang Rosok di Solo, 10 Bangunan Ludes!Kebakaran gudang rosok di Pasar Kliwon, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Kepala Damkar Kota Solo, Sutarjo mengatakan hingga saat ini petugas kebakaran terus berupaya melakukan pemadaman api. Pihaknya juga dibantu unit Damkar dari beberapa wilayah di Soloraya.

"Pemadaman ini sudah 80 persen selesai dan api saya katakan sudah padam, dan asap dimungkian bisa menjadi api jika kena angin kembali. Sehingga pemadaman dilakukan hingga tak ada asap lagi," jelasnya.

"Kalau tadi malam pas besar-besarnya itu kita 25 unit ada karena memang unit kita hanya sekitar 17. Dibantu dari sini dan Soloraya dan ditambah juga dari PMI, BPBD, DLH, dan temen-temen yang lain," pungkasnya.

Selain proses pemadaman, sejumlah bantuan logistik mulai berdatangan di Posko pengungsian di Kelurahan Pasar Kliwon.

Baca Juga: Kirab Trophy Experian Piala Dunia U-17 di CFD Solo, Mau Ikut?

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya