Positif COVID, 13 Calon Jemaah Haji Asal Grobogan, Tunda Keberangkatan

Menunggu hasil test swab PCR negatif.

Boyolali, IDN Times - Sebanyak 13 calon jemaah haji dari Embarkasi Haji Solo batal berangkat ke Tanah Suci. Mereka merupakan jemaah kloter 4 dari Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Baca Juga: Calhaj Pati Jadi Kloter Pertama Pemberangkatan Haji dari Jateng

1. Dinyatakan positif sejak di daerah.

Positif COVID, 13 Calon Jemaah Haji Asal Grobogan, Tunda KeberangkatanGubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menyapa para calhaj di Asrama Haji Donohudan Boyolali. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin mengatakan 13 calon jemaah haji tersebut dinyatakan belum layak terbang sejak dari daerah asal. Mereka dinyatakan positif Covid-19 dalam hasil test swab PCR.

"Ada 13 jemaah calon haji yang belum layak terbang dari daerah, jadi bukan hasil PCR positif bukan di Asrama Haji," ujarnya saat ditemui, Senin (6/06/2022).

Akan tetapi pada saat berangkat ke Asrama Haji Donohudan, 13 calon jemaah haji tersebut melakukan test swab PCR kembali. Dan hasil yang keluar dinyatakan negatif.

2. Lakukan test swab lagi di Asrama Haji Donohudan.

Positif COVID, 13 Calon Jemaah Haji Asal Grobogan, Tunda KeberangkatanIlustrasi sampel uji PCR. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Berdasar hasil test negatif yang kedua tersebut, 13 calon jemaah haji kemudian diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Akan tetapi, sesampainya di asrama 13 jemaah tersebut kembali menjalani test swab PCR kembali, untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

"Kebijakan dari bidang kesehatan di Asrama Haji Donohudan harus dites lagi dan ini menunggu hasil tes, karena sampai sini harus dites ulang lagi. Kalau posisi masuk sini sudah negatif," jelasnya.

Untuk kondisi kesehatan 13 calon jemaah haji tersebut hingga saat ini cuku baik tidak ada gejala apapun. Mereka ditempatkan di ruang terpisah sampai menunggu hasilnya keluar.

"Kondisi baik-baik saja, sehat dan tidak ada gejala apapun. Kita belum tahu hasilnya keluar kapan, nunggu dari bidang kesehatan," imbuhnya.

3. Jika negatif, akan diberangkatkan di kloter berikutnya.

Positif COVID, 13 Calon Jemaah Haji Asal Grobogan, Tunda KeberangkatanPemberangkatan calon jemaah haji di Embarkasi Haji Solo, Jateng. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Sarip mengatakan jika hasil test jemaah tersebut menunjukkan hasil negatif, maka 13 calon jemaah haji akan diikutsetakan dalam rombongan kloter 6.

"Jadi awalnya itu kloter 4 tapi dimutasi masuk ke kloter 5 yang berangkat Senin (6/06/2022) ini pukul 11.15 WIB. Tapi karena hasilnya belum keluar, maka keberangkatannya diundur. Rencana mereka akan diikutkan pada kloter 6 dari Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Demak, Selasa (7/6/2022) pukul 02.15 WI," jelas Sarip.

Sementara, hingga saat ini sebanyak 1.432 calon jemaah haji dari Embarkasi Solo sudah tiba di Arab Saudi. Jumlah tersebut berasal dari kloter 1 hingga kloter 4.

Ada satu calon jemaah haji dari kloter 5 yang tertunda keberangkatan karena sakit. Calon jemaah haji tersebut dirujuk di rumah sakit RS TNI AU.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya