Profil 3 Pangeran Kandidat Raja Mangkunegara X Solo, Siapa Naik Tahta?

Ada artis hingga pengusaha

Surakarta, IDN Times - Setelah penguasa Mangkunegaran Solo, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (K.G.P.A.A.) Mangkunagoro IX wafat, Jumat (13/8/2021) lalu, publik pun bertanya-tanya siapakah yang akan menggantikan posisinya.

Saat ini terdapat tiga nama besar yang diperkirakan menjadi calon penguasa tersebut. Dari tiga nama tersebut, dua diantaranya merupakan anak dari KGPAA Mangkunegara IX, dan satu lagi merupakan cucu dari KGPAA Mangkunegara VIII.

Baca Juga: Menanti Penerus Raja Mangkunegara IX, Muncul Sosok Calon Raja Baru

1. G.P.H. Paundrakarna Jiwo Suryonegara

Profil 3 Pangeran Kandidat Raja Mangkunegara X Solo, Siapa Naik Tahta?Instagram.com/gphpaundrakarna1

G.P.H. Paundrakarna Jiwo Suryonegara atau Paundra merupakan anak pertama dari Mangkunegara IX dengan putri Bung Karno, Sukmawati Soekarnoputri yang lahir pada 19 April 1979. Namun dalam perjalanannya, Mangkunegara IX dan Sukmawati bercerai.

Sosok Paundra tidak asing bagi sebagian orang, sebab wajahnya sempat menghiasi layar kaca televisi, yakni berperan di sejumlah sinetron, salah satunya 'Gita Cinta dari SMA' (2003) dan menjadi idola para remaja pada saat itu.

Tak hanya pandai berakting, Paundra juga merilis lagu berjudul Galih dan Ratna yang merupakan nama tokoh di sinetron tersebut pada tahun dirilis 2004. Selain itu, Paundra juga pernah berperan sebagai tokoh antagonis di film 'Rudy Habibie' pada tahun 2016.

Kecintaan Paundra terhadap seni bukan hanya pada seni peran dan tarik suara, melainkan tari dan batik. Paundra pun terlibat dalam sejumlah proyek rekonstruksi tarian kuno Pura Mangkunegaran.

Lulusan SMAN 1 Solo ini pernah menjadi anggota DPRD Solo periode 2009-2014 dari Fraksi PDIP. Tak sampai selesai higga satu periode, Paundra diganti melalui mekanisme pergantian antarwaktu (PAW) karena tidak bisa aktif mengikuti seluruh kegiatan legislatif.

Kini setelah ayahandanya wafat, Paundra menjadi salah satu kandidat yang bakal menyandang gelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya. Paundra merupakan anak sulung sekaligus anak laki-laki pertama dari Mangkunegara IX.

2. G.P.H. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo

Profil 3 Pangeran Kandidat Raja Mangkunegara X Solo, Siapa Naik Tahta?G.P.H. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo kandidat Mangkunagara X. Istimewa

Bhre merupakan putra tunggal sang prameswari Mangkunegara IX, Prisca Marina. Bhre memiliki seorang kakak perempuan bernama GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo.

Lahir pada 29 Maret 1997, usia Bhre masih cukup muda, yakni 24 tahun. Dia diketahui merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) dan memiliki prestasi.

Berbeda dengan Paundra, sosok Bhre sendiri masih masih jarang didengar masyarakat. Tak banyak pula informasi mengenai Bhre di dunia maya.

Di akhir hayat ayahandanya, Bhre mendapatkan tugas penting. Dia diberi tanggung jawab dalam proyek renovasi Mangkunegaran yang sedang dilakukan pemerintah.

Bhre juga sudah mulai tampil dalam berbagai acara Pura Mangkunegaran sejak beberapa tahun lalu. Salah satunya pernah menjadi cucuk lampah atau orang yang berada di barisan terdepan saat kirab pusaka malam 1 Suro.

3. KRMH Roy Rahajasa Yamin

Profil 3 Pangeran Kandidat Raja Mangkunegara X Solo, Siapa Naik Tahta?KRMH Roy Rahajasa Yamin salah satu kandidat Mangkunegara X. IDNTimes/Larasati Rey

KRMH Roy Rahajasa Yamin merupakan sosok baru yang digadang-gadang menjadi salah satu calon pengganti Mangkunegara IX. Roy sendiri merupakan seorang pengusaha yang merupakan cucu dari Mangkunegara VIII.

Berdasarkan silsilah dari keluarga Mangkunegara, Roy Rajasa Yamin sendiri merupakan putra dari Dang Rahadian Sinayangish Yamin dan GRA Retno Satuti yang merupakan putri tertua KGPAA Mangkunegara VIII.

Dang Rahadian merupakan anak dari Pahlawan Nasional Mohammad Yami dengan Siti Sundari Yamin.

Dan Roy sendiri merupakan cucu Mohammad Yamin. Nama Roy muncul, menjadi salah satu kandidat penggati KGPAA Mangkunegara IX.

Roy sendiri saat ini berkecimpung di sektor usaha, yakni di jasa penyediaan internet dan sektor properti. Dan lebih banyak menghabiskan waktunya di Jakarta.

Nama Roy muncul, dan menjadi salah satu calon yang digadang-gadang menjadi kandidat Mangkunegara X.

Baca Juga: Viral, Kisah 5 Makam Keturunan Raja Mangkunegara di Dalam Rumah Warga

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya