Putra Mangkunegara IX Bertemu Gibran Rakabuming, Ini Yang Dibahas

Membicarakan konsep wisata Mangkunegara ke depan.

Surakarta, IDN Times - Salah satu kandidat calon penerus Mangkunegaran X GPH Bhre Cakrahutomo bertemu dengan Wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka di kantor Balaikota Solo, Rabu (8/12/2021). Pertemuan tersebut berlangsung kurang lebih dua jam.

Baca Juga: Viral, Kisah 5 Makam Keturunan Raja Mangkunegara di Dalam Rumah Warga

1. Bantah pertemuan bahas suksesi Mangkunegaran

Putra Mangkunegara IX Bertemu Gibran Rakabuming, Ini Yang DibahasTiga kandidat penerus Mangkunegara IX. Istimewa

Gusti Bhre sapaan akrabnya mengatakan maksud kedatangannya tersebut untuk menjalin silaturahmi dengan putra Sulung Presiden Joko Widodo tersebut. Dirinya membantah ada pembahasan terkait suksesi Mangkunegaran.

"Tadi hanya makan siang bareng sama Mas Wali (Gibran) ngobrol-ngobrol, kalau soal itu (Suksesi) jangan dulu," ujarnya.

2. Bahas program-program Mangkunegara

Putra Mangkunegara IX Bertemu Gibran Rakabuming, Ini Yang DibahasGPH Bhre Cakrahutomo, Putra Mangkunegara IX. IDNTimes/Larasati Rey

Lebih lanjut, Bhre mengungkapkan pertemuan tersebut lebih membahas tentang program revitalisasi Pura Mangkunegaran. Bhre mangaku progres Mangkunegaran berjalan dengan baik dan akan rampung pada akhir tahun ini.

"Sudah berjalan dengan baik, Desember ini selesai. Untuk ke depan nanti akan di info lagi," katanya.

Selain itu, sebagai salah satu anak muda di Solo, iya juga tak luput untuk kesiapannya mendukung Persis Solo untuk masuk ke babak 8 besar. Ia bahkan sering terlihat menonton bola bersama Kaesang Pangarep di Stadion Manahan, Solo.

3. Wujudkan kawasan wisata dari Gatsu hingga Mangkunegara

Putra Mangkunegara IX Bertemu Gibran Rakabuming, Ini Yang DibahasIDN Times/Nugroho Adi

Sementara itu, dikesempatan yang sama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengaku pertemuan tersebut juga membahas event yang akan dijalan oleh Pemkot Solo dengan Mangkunegaran serta penantaan koridor jalan Gatot Subroto hingga Ngarsopuro, yang akan dibuat seperti Malioboro, Yogyakarta.

"Nanti akan kita sinkronkan agenda event antara Mangkunegaran dengan Pemkot Solo apalagi jalan Gatot Subroto dan Ngarsopuro yang ada di depan Pura Mangkunegaran akan kita perbaiki," kata Gibran.

Disamping itu, Gibran juga akan memanfaatkan halaman Mangkunegaran untuk digunakan sebagai lahan parkir sehingga wisatawan.

Baca Juga: Profil 3 Pangeran Kandidat Raja Mangkunegara X Solo, Siapa Naik Tahta?

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya