RAN Hingga Marion Jola Gelar Konser Berdirinya Mangkunegaran Ke-266

Selain konser ada sajian kuliner juga.

Surakarta, IDN Times - Sejumlah musisi Tanah Air akan mengelar konser dalam rangka peringatan Berdirinya Mangkunegaran ke 266, pada Minggu 12 Maret 2023.

Konser digelar di Pura Mangkunegaran tersebut menghadirkan musisi RAN, Marion Jola, hingga Vina Panduwinata.

Baca Juga: Gibran Dapat Gelar dari Pura Mangkunegaran Solo setelah Tarian Sakral

1. Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran.

RAN Hingga Marion Jola Gelar Konser  Berdirinya Mangkunegaran Ke-266Potret Taman Pracima Pura Mangkunegaran (instagram.com/rbeatsntravels)

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X, mengatakan acara peringatan Adeging Pura Mangkunegaran akan dimeriahkan dengan rangkaian acara kebudayaan menarik, antara lain “Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran” serta lomba lari “Mangkunegaran Run in Solo”.

"Mangkunegaran sudah berdiri 265 tahun dan sebentar lagi 266 tahun. Untuk itu kami akan menyelenggarakan beberapa acara untuk memperingatinya," ujarnya, Jumat (3/3/2023).

Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran merupakan bentuk pemajuan budaya yang menjangkau masyarakat luas dan dikemas sesuai kondisi masa kini. “Regenerasi di masyarakat terus terjadi, namun kebudayaan harus dilestarikan,” kata Sri Paduka Mangkoenagoro X.

Adaun musisi yang akan tampil mendatang yakni RAN, Marion Jola, hingga Vina Panduwinata, grup musik Diskoria, penyanyi Brigitta Hardi bersama Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. 

2. Representasi identitas Kota Solo.

RAN Hingga Marion Jola Gelar Konser  Berdirinya Mangkunegaran Ke-266Pura Mangkunegaran, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Menurut Mangkunagoro X, festival musik dan kuliner dipilih untuk mengisi rangkaian kegiatan Adeging Mangkunegaran Ke 266 karena bersifat universal. Pura Mangkunegaran menjadikan dua tersebut sebagai perangkat komunikasi dan interaksi dengan masyarakat luas.

"Festival musik dan kuliner juga dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan penerimaan masyarakat secara luas pada Pura Mangkunegaran. Di usia ini, Pura Mangkunegaran masih terus amanah sebagai pusat kebudayaan di Kota Solo," bebernya. 

Ia berharap kebudayaan di Kota Solo bisa meningkat sehingga sifatnya bisa lebih universal, bisa mengangkat nilai kesenian yang berlandaskan kebudayaan.

"Untuk festival kuliner Laras Hati kami mengangkat narasi makanan khas Solo. Sedangkan musik ini bukan hanya hiburan tetapi juga menyampaikan pesan dan komunikasi," terangnya. 

Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran juga dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan penerimaan masyarakat secara luas pada Pura Mangkunegaran. “Rangkaian acara Ini merupakan representasi identitas dari Kota Solo sebagai the spirit of Java,” ujar Sri Paduka Mangkoenagoro X.

3. Ada aneka kuliner dari UMKM.

RAN Hingga Marion Jola Gelar Konser  Berdirinya Mangkunegaran Ke-266Adeging Pura Mangkunegaran. (IDN Times/Larasati Rey)

Puncak rangkaian perayaan hari jadi ke-266 Pura Mangkunegaran diramaikan sejumlah musisi nasional dan aneka sajian makanan legendaris dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Solo.

Dikesempatan yang sama, penyanyi keroncong Endah Laras menyatakan terkejut sekaligus bersyukur saat diundang mengisi acara Adeging Pura Mangkunegaran. Menurutnya, rangkaian acara hari Jadi Pura Mangkunegaran ini membawa semangat pelestarian budaya dengan konsep yang diterima masyarakat luas.

"Saya berterima kasih kepada Sri Paduka Mangkoenagoro X, Pura Mangkunegaran, dan para panitia yang menyelengarakan rangakaian acara Pura Mangkunegaran ke-266.” kata Endah Laras.

Baca Juga: Gibran Dapat Gelar dari Pura Mangkunegaran Solo setelah Tarian Sakral

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya