Gibran Dapat Gelar dari Pura Mangkunegaran Solo setelah Tarian Sakral

Banyak dilakukan kerajaan pewaris Kesultanan Mataram

Surakarta, IDN Times - Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo menganugerahi gelar Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka saat acara Tinggalan Jumenengan atau upacara kenaikan tahta KGPAA Mangkunegara pada Rabu (1/3/2023).

1. Gelar diberikan usai tarian sakral Bedhaya Anglir Mendung

Gibran Dapat Gelar dari Pura Mangkunegaran Solo setelah Tarian SakralTari Bedhaya Anglir Mendung di Pura Mangkunegaran. (IDN Times/Larasati Rey)

Upacara pemberian gelar atau kekancingan diberikan usai pentas tari Bedhaya Anglir Mendung yang merupakan tarian khusus ditarikan saat acara Tinggalan Jumenengan Pura Mangkunegaran. Ada tujuh orang penari yang menarikan tarian berdurasi kurang lebih satu jam tersebut.

Untuk diketahui, acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tamu. Di antaranya Raja Keraton Solo, PB XIII beserta keluarga, Jenderal Hendropriyono, Akbar Tanjung, Permaisuri Pakualam dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga: Survei: Kaesang Masuk Kandidat Wali Kota Solo, Gibran Dukung Teguh

2. Gibran dapat gelar Kanjeng Pangeran Haryo

Gibran Dapat Gelar dari Pura Mangkunegaran Solo setelah Tarian SakralGibran Rakabuming peroleh gelar dari Pura Mangkunegran. (IDN Times/Larasati Rey)

Usai upacara tari Bedhaya Anglir Mendung, acara dilanjutkan dengan pemberian gelar kepada para abdi dalem dan tokoh masyarakat. Adapun, Gibran Rakabuming Raka mendapat gelar Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Gibran Rakabuming Raka.

Gelar Kanjeng Pangeran Haryo merupakan gelar kebangsawanan Jawa yang diberikan kepada keturunan ningrat yang berjasa banyak bagi kerajaan. Umumnya, dilakukan oleh kerajaan pewaris Kesultanan Mataram.

Gelar tersebut diberikan langsung oleh KGPAA Mangkunegara X yang ditandai dengan sumpah dan penyerahan sertifikat gelar kebangsawanan adat Jawa. Gibran menerima sertifikat wisudawan bersama 200 Abdi Dalem Pura Mangkunegaran lain yang ikut mendapatkan gelar pada hari yang sama.

Usai menerima sertifikat, Gibran tampak mengucapkan terima kasih secara langsung kepada KGPAA Mangkunegara X di hadapan tamu undangan yang hadir.

"Matur nuwun (terima kasih) saya menunggu diperintah saja sama Kanjeng Gusti," katanya.

Sebelumnya, Gibran pernah mendapatkan gelar dari Keraton Kasunanan Surakarata pada tahun 2021 sebagai Kanjeng Pangeran Widironagoro.

3. Sabda Dalem KGPAA Mangkunegara X tentang satu tahun kepemimpinan

Gibran Dapat Gelar dari Pura Mangkunegaran Solo setelah Tarian SakralKGPAA Mangkunegara X. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam acara tersebut, KGPAA Mangkunegara X mengeluarkan sabda dihadapan para tamu undangan. Ia banyak berterima kasih kepada seluruh keluarga, kerabat, Abdi Dalem, pemerintah, serta jajaran TNI dan Polri hingga mitra-mitra Pura Mangkunegaran.

"Segala kelebihan dan kekurangan merupakan bagian dari roda kehidupan bersama-sama kita menjaga kebudayaan sesuai dengan falsafah Tri Dharma Mangkunegara. Keberlanjutan adalah motivasi bagi kita semua untuk mengembangkan Praja Mangkunegara sebagai suatu induk kebudayaan yang terus berkembang dalam membentuk budaya bangsa, khususnya budaya Jawa," ujarnya.

Lebih lanjut, KGPAA Mangkunegara X mengajak semua masyarakat untuk berpegang teguh pada nilai-nilai para leluhur.

"Saya berharap bahwa kita semua sebagai negara, terus berpegang pada nilai-nilai para leluhur yang senang akan kelakuan madep, mantep, temen," pungkasnya.

Baca Juga: Tuan Guru Bajang ke Solo Dorong Gibran Maju Pilgub

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya