Rusak Parah dan Bikin Macet, Underpass Makamhaji di Sukoharjo Ditutup

Perbaikan hingga tanggal 7 Maret 2022.

Sukoharjo, IDN Times - Underpass Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah ditutup mulai hati ini, Senin mulai (21/2/2022). Kondisi badan jalan yang merupakan salah satu pintu masuk dan keluar Kota Solo disisi barat selatan itu rusak parah.

Baca Juga: Eks Napi Terorisme Upacara di Atas Gunung Sepingkul Sukoharjo

1. Sering rusak dan tergenang

Rusak Parah dan Bikin Macet, Underpass Makamhaji di Sukoharjo DitutupKondisi underpass Makamhaji Sukoharjo. IDNTimes/Larasati Rey

Kerusakan underpass Makamhaji sudah sering terjadi. Kerusakan tersebut mengakibatkan arus lalu lintas terganggu.

Kerusakan parah terjadi di aspal yang mengelupas, bahkan tak jarang terjadi genangan saat hujan deras. Kondisi tersebut tentu saja menimbulkan kemacetan parah dari dua arah.

Kerusakan jalan underpass di bawah perlintasan kereta api Solo - Yogyakarta terus berulang saat musim hujan tiba. Perbaikan secara tambal sulam sering dilakukan, namun tak menyelesaikan permasalahan. Banyak masyarakat yang protes terkait kondisi jalan underpass tersebut, pasalnya jalan tersebut merupakan akses yang menghubungkun Kabupaten Sukoharjo dan Kota Solo, jalur tersebut merupakan jalur alternatif yang sering dilalui oleh warga masyarakat.

2. Bupati Sukoharjo sebut underpass Makamhaji mendesak untuk segera diperbaiki

Rusak Parah dan Bikin Macet, Underpass Makamhaji di Sukoharjo DitutupBupati Sukoharjo, Etik Suryani. IDNTimes/Larasati Rey

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat meninjau lokasi underpass Makamhaji mengatakan, underpass Makamhaji mendesak untuk diperbaiki. Perbaikan sendiri dilakukan oleh Dirjen Perkeretapian dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

"Ini mendesak sekali untuk diperbaiki. Kita malu juga setiap hari di komplain masyarakat," ujar Etik, saat meninjau lokasi, Senin (21/2/2022).

Menurut dia, pengerjaan perbaikan underpas Makamhaji tersebut dimulai 21 Februari hingga 7 Maret 2022. Etty mengatakan hingga saat ini proyek underpass belum diserahkan ke Pemkab Sukoharjo sejak selasai masa pembangnan tahun 2013 lalu. Belum diserahkanya proyek underpass ke Pemkab tersebut lantaran, hingga saat ini pembangunan fisik underpass masih menyisakan masalah hingga sekarang.

"Nanti akan dicor beton, mudah-mudahan ini bisa terealisasi dengan baik. Ini merupakan hasil respon surat yang kita kirim," katanya.

3. Kendaraan berat dilarang lewat

Rusak Parah dan Bikin Macet, Underpass Makamhaji di Sukoharjo DitutupKondisi Underpass Makamhaji, Sukoharjo. IDNTimes/Larasati Rey

Lebih lanjut, Etty mengatakan usai underpass Makamhaji tersebut selesai diperbaiki, pihaknya akan melakukan pengetatan kendaraan yang diperbolehkan melintasi underpass. Menurut Etty, kerusakan underpass tersebut juga diperparah dengan adanya kendaraan berat yang melintasi jalur tersebut.

"Nanti kita akan melakukan pelarangaan bagi kendaraan berat sepeti bus dan truk untuk lewat disini, kita nanti akan melakukan koordinasi dengan daerah Kabupaten lain sepeti Klaten dan Solo agar kendaraan berat bisa melintas di sana, saya juga meminta maaf kepada warga masyarakat atas ketidaknyamanan ini," jelasnya.

4. Arus lalu lintas dialihkan

Rusak Parah dan Bikin Macet, Underpass Makamhaji di Sukoharjo DitutupUnderpass Makamhaji Sukoharjo. IDNTimes/Larasati Rey

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, dampak penutupan tersebut dikhawatirkan bisa menimbulkan kemacetan panjang kendaraan. Untuk itu disiapkan jalur alternatif agar kendaraan tidak menutup disatu lokasi disekitar Underpass Makamhaji Kartasura.

Berdasarkan peta pengalihan arus lalu lintas yang dikeluarkan Satlantas Polres Sukoharjo, untuk kendaraan pribadi, truk, bus dari arah barat Boyolali sampai di simpang Tugu Kartasura yang akan menuju ke Kota Solo akan diarahkan melalui Jalan Ahmad Yani.

Namun khusus kendaraan pribadi yang akan ke arah timur dan melintas di Jalan Slamet Riyadi masih diperbolehkan. Nantinya kendaraan pribadi tersebut hanya akan bisa melintas di simpang TPU Pracimaloyo Makamhaji Kartasura diarahkan ke utara sampai ke Jalan Ahmad Yani.

Pengalihan melalui TPU Pracimaloyo Makamhaji Kartasura disebabkan karena jalan yang ke timur lagi ditutup menuju underpass Makamhaji Kartasura. Disimpang tiga TPU Pracimaloyo, nanti akan ditempatkan petunjuk arah dan dijaga petugas untuk membantu mengatur arus lalu lintas.

Kendaraan dari barat arah Boyolali yang akan ke selatan diarahkan melalui Keraton Kartasura hingga tembus ke perlintasan kereta api Mayang Gatak dan ke Baki hingga Simpang Empat Gentan Baki. Khusus di perlintasan kereta api Mayang Gatak, pihsknya akan menempatkan petugas membantu pengaturan lalu lintas mengingat dititik tersebut rawan kemacetan saat kereta api melintas.

Pengalihan kendaraan besar juga dilakukan agar tidak melintas melalui underpass Makamhaji Kartasura. Kendaraan besar diarahkan dari simpang Tugu Kartasura melalui jalur Yogyakarta hingga ke simpang Pakis. Kendaraan kemudian diarahkan melalui Wonosari, Klaten kemudian baru masuk Baki, Solo Baru dan Sukoharjo.

“Sudah dilakukan penyebarluasan informasi pengalihan arus lalu lintas dampak perbaikan Underpass Makamhaji Kartasura karena akan dilakukan penutupan total,” ujarnya.

Kapolres meminta pada masyarakat untuk menggunakan jalur yang sudah disiapkan petugas dan tidak memaksakan diri masuk ke jalur Underpass Makamhaji Kartasura karena ditutup total. Untuk memperlancar perbaikan jalur tersebut maka, Kapolres menegaskan petugas tetap akan diturunkan untuk membantu pengaturan arus lalu lintas.

Baca Juga: 37 Santri di Sukoharjo Diangkut Truk Dalmas untuk Vaksinasi COVID-19

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya