Schneider Electric Bikin Smart City Teknologi SOG di Solo

Teknologi Unified Operation System berbasis 5G.

Surakarta, IDN Times - Schneider Electric, pemimpin global transformasi digital dalam manajemen energi dan otomasi mendukung terwujudnya smart cities  di Indonesia. 

Hal tersebut dapat dicapai melalui proses transformasi digital yang mengedepankan manajemen energi dan otomasi untuk mencapai keberlanjutan dalam jangka panjang berbasis teknologi broadband 5G.

Baca Juga: Jadwal KRL Solo-Jogja Terbaru Dari Solo Balapan ke Stasiun Tugu

1. Kembangkan jaringan berkualitas.

Schneider Electric Bikin Smart City Teknologi SOG di SoloJourney smart city di Solo. (Dok/Istimewa)

Cluster President Schneider Indonesia dan Timor Leste, Roberto Rossi mengatakan implementasi teknologi 5G menjadi salah satu target prioritas yang ada di Rencana Strategis Kementerian Kominfo Tahun 2020 – 2024. Hal ini sangat mendukung percepatan terwujudnya smart cities di Indonesia.

“Hal mendasar yang harus segera kita kerjakan bersama adalah menggabungkan beragam pengendalian dan monitoring fasilitas dan infrastruktur utilitas menjadi sebuah sistem yang satu, sehingga pengambilan keputusan atau kebijakan yang menyangkut kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan kota dapat dilaksanakan secara tepat dan efisien berdasarkan sekumpulan data pemantauan real time di lapangan – semuanya kami harapkan dapat segera dijalankan berbasis jaringan broadband 5G yang kuat,” ujarnya, Kamis (20/7/2023).

2. Konsep dan solusi.

Schneider Electric Bikin Smart City Teknologi SOG di SoloSchneider electric (Dok. Schneider electric)

Schneider Electric Indonesia yang menjadi mitra kerja pemerintah dalam pengembangan dan implementasi smart cities menegaskan bahwa integrasi sistem, infrastruktur, dan pelayanan di kota-kota besar harus terus dilakukan dalam platform digital berbasis broadband berkecepatan tinggi 5G.

Hal ini untuk mencapai efisiensi, kualitas layanan, dan kelestarian sumber daya alam untuk menunjang kehidupan masyarakat modern di kota-kota besar Indonesia yang terus tumbuh dengan pesat.

“Konsep dan solusi platform Unified Operation System/Sistem Operasi Gabungan  untuk mewujudkan smart cities yang kami usulkan ke Pemerintah dan stakeholder terkait lainnya adalah untuk mencapai kota dengan tingkat keberlanjutan dan resilien yang tinggi dalam jangka panjang," kata Roberto.

Sistem Operasi Gabungan (SOG) adalah perpaduan antara Teknologi Informasi (TI), Teknologi Operasional (TO), dan Teknologi Rekayasa (TR) – semuanya berbasis jaringan broadband 5G.  SOG akan menselaraskan beragam data yang berbeda, mengurangi kegiatan identifikasi antara aplikasi dan tipe data, serta yang paling penting adalah memberikan informasi yang harus segera ditindaklanjuti oleh tim operasional strategis. 

3. Memperbaiki kualitas hidup masyarakat.

Schneider Electric Bikin Smart City Teknologi SOG di Solohttps://www.shutterstock.com/id/image-photo/group-friends-having-fun-cafe-looking-381091678

Menurut smartcities council, SOG dapat memperbaiki kualitas hidup masyarakat, mengurangi kemacetan, meningkatkan penggunaan transportasi publik, memperbaiki respon keadaan darurat, mengurangi konsumsi energi dan air, memperbaiki keputusan penggunaan lahan dengan tepat, memastikan layanan publik di bidang air dan sanitasi yang dapat diandalkan, memungkinkan manajemen yang efisien dari beragam sistem TI/TO, serta sesuai dengan norma peraturan dan keselamatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Implementasi jaringan broadband 5G menjadi sangat krusial untuk mengejar target penerapan smart cities pada beberapa kota besar di Indonesia.  

Saat ini PT Schneider Indonesia juga menjadi salah satu mitra kerja pemerintah dalam bingkai PIDI 4.0 (Pusat Inovasi dan Pengembangan SDM Industri 4.0) atau Digital Innovation and Capacity Center yang menjadi bagian dari program Making Indonesia 4.0 dibawah Kementerian Perindustrian untuk mempercepat adopsi Industri 4.0 di Indonesia.  Keterlibatan PT Schneider Indonesia dalam PIDI 4.0 diharapkan dapat memperkuat ekosistem industri pendukung smart cities.

Baca Juga: Satpol PP Kota Solo Tangkap 2 Pelaku Vandalisme Berstatus Pelajar

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya