Semua ASN Karanganyar Dimintain Donasi Palestina, PMI: Belum Terima

Kebijakan dikeluarkan lewat SE Bupati Karanganyar

Karanganyar, IDN Times - Bupati Karanganyar, Juliyatmono menerbitkan surat edaran (SE) tentang bantuan kemanusiaan untuk Palestina. Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar diminta berdonasi melalui Bagian Kesra yang nantinya akan disalurkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

1. SE diterbikan sebagai wujud rasa kemanusiaan

Semua ASN Karanganyar Dimintain Donasi Palestina, PMI: Belum TerimaAnak Palestina menarik gerobak yang ditumpangi saudaranya saat mengungsi dari konflik bersenjata Israel dan milisi Palestina di Jalur Gaza, Palestina, Jumat (14/5/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem/foc.)

SE bernomor 900/1833.1.2 tentang bantuan kemanusiaan itu berisi imbauan agar seluruh ASN membantu meringankan beban warga Palestina yang dijajah Israel.

"Kita action langsung. Ini lebih didorong rasa kemanusiaan. Karena dengan doa saja tidak cukup. Berapapun yang kita dapat (donasi) itu sebagai wujud kepedulian, kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono usai apel pegawai di halaman Setda, Rabu (17/5/21).

Ia menyebut, terbitnya SE didorong atas rasa kemanusiaan, bukan semata-mata agama.

Baca Juga: 7 Objek Wisata di Karanganyar yang Sudah Kembali Dibuka  

2. Pengumpulan donasi sampai akhir Mei 2021

Semua ASN Karanganyar Dimintain Donasi Palestina, PMI: Belum TerimaBupati Karanganyar, Juliatmono. IDNTimes/Larasati Rey

Donasi sukarela tersebut akan dilaksanakan hingga Selasa (25/5/21) mendatang. Hasil donasi pengumpulan akan diserahkan ke PMI setempat. Adapun lokasi pengumpulan berada di Bagian Kesra Setda Karanganyar.

Juliyatmono menegaskan bahwa dirinya mengutuk serangan yang dilakukan oleh militer Israel ke warga sipil di Palestina. Serangan tersebut dinilai tidak berperikemanusiaan.

"Banyak korban jiwa terutama anak-anak yang tidak berdosa. Indonesia harus berupaya mengatasi persoalan ini melalui jalur diplomatik," ucapnya.

3. Akan dikirim ke PMI pusat

Semua ASN Karanganyar Dimintain Donasi Palestina, PMI: Belum TerimaSebuah proyeksi dengan kata-kata bertuliskan "Palestina bebas dan berdaulat" sebagai penghormatan kepada warga Palestina, karena kekerasan lintas batas antara militer Israel dan militan Palestina berlanjut, terlihat di sebuah masjid di Foz do Iguacu, Brasil, Jumat (14/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Christian Rizzi.

Sementara itu, Kepala PMI Karanganyar, Timotius Suryadi mengaku hingga berita ini diterbitkan belum menerima dana bantuan Palestina yang dikumpulkan tersebut. Ia mengatakan jika dana yang terkumpul nantinya akan langsung diserahlan ke PMI Pusat kemudian dikirim ke PMI Internasional untuk kemudian disalurkan ke Palestina.

"Saat ini kita belum menerima dana terkumpul, kalau biasanya nanti kita salurkan lagi dana ke PMI Pusat dan kemudian disalurkan ke Palestina. Jadi ada jenjang-jenjangnya," ujarnya.

Suryadi mengaku siap menerima bantuan Palestina, dan akan segera menyalurkan bantuan tersebut jika nantinya sudah terkumpul. PMI Karanganyar sendiri baru pertama kali melakukan pengumpulan donasi untuk warga Palestina.

Baca Juga: Lonjakan Kasus COVID-19 di Karanganyar, Antrian PCR Hingga Dua Minggu

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya