Sosok 4 Guru Besar yang Baru Saja Dikukuhkan UNS

Guru Besar ke 241 hingga 244.

Surakarta, IDN Times - Jelang akhir tahun 2021, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menambah empat guru besar baru dari berbagai bidang. Keempat guru besar tersebut yaitu Prof. Dr. Sayekti Wahyuningsih, S.Si. M.Si. Guru Besar Bidang Ilmu Kimia Fotokatalis pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Prof. Ir. Agung Tri Wijayanta, S.T., M.Eng., Ph.D. Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT), Prof. Dr. Agus Supriyanto, S.Si., M.Si.

Guru Besar Bidang Ilmu Fisika Material Sel Surya FMIPA dan Prof. Dr. Ir. Eddy Triharyanto, M.P. Guru Besar Bidang Ilmu Hortikultura Fakultas Pertanian (FP). Keempat guru besar ini, dikukuhkan dalam Sidang Senat Akademik Terbuka UNS pada Rabu (15/12/21) di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS.

Baca Juga: Mahasiswa UNS Ciptakan Board Game untuk Siswa Tunagrahita

1. Jadi kebutuhan pendidikan

Sosok 4 Guru Besar yang Baru Saja Dikukuhkan UNSPengukuhan Guru Besar UNS Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Dalam sambutannya, Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho berharap keempat Guru Besar yang baru saja dikukuhkan, untuk segera menggerakkan seluruh potensi intelektualitasnya, memberi jawaban atas kebutuhan masyarakat sekarang dan yang akan datang.

"Saya percaya dengan ikhtiar dan kesibukan Saudara yang terus menerus memproduksi karya-karya riset inovatifnya, penghuni bangsa ini akan menjalani kehidupanya dengan lebih tenang dan nyaman. Apalagi saat ini keberpihakan negara dalam mendorong percepatan kegiatan riset dan inovasi telah terbukti, menyelaraskan riset dan inovasi dengan tujuan pembangunan bangsa," ungkapnya.

Lanjut Jamal, UNS berkomitmen untuk mendorong sebanyak-banyaknya inovasi hasil riset yang mampu dihilirisasikan dan dikerjasamakan dengan berbagai industri, baik melalui lisensi, investasi, maupun kemitraan industri.

2. Guru Besar ke 241 dan 242

Sosok 4 Guru Besar yang Baru Saja Dikukuhkan UNSPengukuhan Guru Besar UNS Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Dalam pengukuhan tersebut, keempat Guru Besar menyampaikan pidato pengukuhan, Prof. Dr. Sayekti Wahyuningsih, S.Si. M.Si. yang merupakan guru besar ke-241 UNS dan ke-19 FMIPA UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul Material Fotokatalis: Tantangan Dan Potensi Pengembangan di Indonesia.

"Berawal dari menerjemahkan kata, foto bermakna energi cahaya, sedangkan katalis adalah senyawa/materi yang menginisiasi reaksi sehingga fotokatalis adalah reaksi yang berjalan dengan bantuan sinar atau cahaya. Material fotokatalis akan menerima energi cahaya dan dipergunakan untuk transisi elektronik (perpindahan elektron) dari elektron di keadaan dasar ke keadaan tereksitasi. Pada material fotokatalis semikonduktor disebut dengan valance band (VB) sebagai keadaan dasar, dan conduction band (CB) sebagai keadaan tereksitasi," jelasnya.

Teknologi fotokatalis merupakan salah satu teknologi yang ramah lingkungan (green technology). Pemanfaatan teknologi fotokatalis ini sangat cocok diterapkan di negara tropis yang banyak mendapatkan paparan sinar matahari.

Sedangkan,
Prof. Ir. Agung Tri Wijayanta, S.T., M.Eng., Ph.D. yang merupakan guru besar ke-242 UNS dan ke-19 FT UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul Peran Ilmu Termofluida Dalam Tingkatkan Performa Termal Menuju Hemat Energi Berwawasan Lingkungan.

Prof. Agung mengatakan, Badan Energi Internasional (atau International Energy Agency yang disingkat IEA) dalam Outlook Energy 2021 1) melaporkan bahwa saat ini sekitar 30% energi dunia dikonsumsi oleh rumah-rumah termasuk bangunan gedung tempat tinggal dan komersial.

"Konsumsi daya listrik gedung-gedung menggunakan sebesar 60% dari energi listrik dunia. Di gedung-gedung, penggunaan alat pengkondisian udara (atau lebih populer dengan sebutan air conditioner atau AC) dan penyedia air panas mengkonsumsi banyak energi. Untuk pemenuhan energi ini, tidak bisa dihindarkan harus mensuplai energi dari tenaga listrik," ungkapnya.

3. Guru Besar 243 dan 242

Sosok 4 Guru Besar yang Baru Saja Dikukuhkan UNSPengukuhan Guru Besar UNS Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Lalu Prof. Dr. Agus Supriyanto, S.Si., M.Si. merupakan guru besar ke-243 UNS dan ke-20 FMIPA UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul Peran Sains Material Sel Surya Berbasis DSSC dalam Inovasi Energi Baru Terbarukan Menuju Transisi Energi.

Menurutnya Indonesia saat ini dan ke depan menghadapi tantangan yang signifikan di bidang energi, lingkungan dan keamanan. Transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) pada 2060 atau lebih cepat adalah komitmen nyata Indonesia untuk melakukan transformasi ekonomi yang berbasis energi baru dan terbarukan yang bersih dan berkelanjutan. Dengan telah disepakati The Conference of Parties (COP)-26 di Glasgow Skotlandia, satu dari empat agenda tersebut berkaitan transisi energi dan ramah lingkungan.

"Maka dari itu Indonesia harus berkomitmen untuk mengurangi kadar emisi CO2, sementara penyediaan energi harus ditingkatkan. Konsep sebuah transisi energi harus ditentukan, yang berfungsi akan menggantikan energi fosil yang akan habis, sekaligus menjadi energi yang ramah lingkungan karena rendah emisi Gas Rumah Kaca (GRK)," katanya.

Sedangkan Prof. Dr. Ir. Eddy Triharyanto, M.P. merupakan guru besar ke-244 UNS dan ke-37 FP UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul Peran Bahan Tanam Dalam Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Hortikultura.

Hortikultura merupakan perpaduan antara ilmu, teknologi, seni, dan ekonomi. Hortikultura merupakan perpaduan antara ilmu, teknologi, seni, dan ekonomi. Hortikultura merupakan cabang ilmu dari agronomi yang terdiri dari empat tipe yaitu olerikultura (tanaman sayuran), pomology atau frutikultur (tanaman buah), florikultura (tanaman bunga), serta biofarmaka (tanaman herbal).

"Praktek pertanian hortikultura modern berkembang berdasarkan pengembangan ilmu yang menghasilkan teknologi untuk memproduksi dan menangani komoditas hortikultura yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi," pungkasnya.

Baca Juga: UNS Gratiskan Biaya Kuliah Pada Atlet Yang Raih Juara di PON Papua

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya