Comscore Tracker

Mahasiswa UNS Ciptakan Board Game untuk Siswa Tunagrahita

Bertujuan untuk mengenalkan Indonesia

Solo, IDN Times - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menciptakan media edukasi untuk siswa Tunagrahita di Kabupaten Karanganyar. Media tersebut diberi nama Board Game BOGABITA yang bertujuan untuk mengenal lebih dalam tentang ke-Indonesiaan.

Baca Juga: Yang Mesti Dilakukan Jika Indonesia Resesi Menurut Pakar Ekonomi UNS

1. Diciptakan oleh empat orang mahasiswa

Mahasiswa UNS Ciptakan Board Game untuk Siswa TunagrahitaEmpat mahasiswa UNS pencipta media edukasi Board Game BOGABITA untuk tunagrahita. Dok/Humas UNS

Media edukasi Board Game BOGABITA diciptakan oleh empat orang mahasiswa dari UNS. Mereka tergabung dalam kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan anggota Salma Hanifah Prameswari, Syafira Aulia Fadlillah, Gani Albar Arafat, dan Nuno Yusuf Kirana.

Salma Hanifah selaku ketua tim menjelaskan bahwa tujuan pembuatan media ini yaitu untuk mendekatkan siswa kepada hal-hal yang berbau Indonesia, kebhinekaan, dan alat musik tradisional berbasis kearifan lokal.

“Ide ini awalnya terbentuk ketika saya mengikuti sosialisasi PKM di gedung Pascasarjana UNS. Setelah saya mengikuti acara itu, saya akhirnya membentuk tim PKM dan memiliki inisiasi untuk membuat board game khusus untuk anak-anak difabel agar memahami tentang kebhinekaan dan memupuk kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui media edukasi ini, ” terang Salma, Rabu (7/10/2020).

2. Sosialisasi dilakukan secara virtual

Mahasiswa UNS Ciptakan Board Game untuk Siswa TunagrahitaSosialisasi media edukasi Board Game BOGABITA untuk tunagrahita digelar secara virtual. Dok/Humas UNS

Dalam proses pengaplikasiannya, keempat mahasiswa tersebut bekerja sama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Karanganyar. Sosialisasi media eduksi sendiri dilakukan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Google Meet.

Saat dilakukan sosialisasi, Salma mengungkapkan bahwa siswa sangat antusias dalam memainkan board game BOGABITA. Selain itu, para siswa juga dapat mengetahui beberapa alat musik tradisional, nama-nama presiden, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Mereka bisa menghafal Pancasila melalui media board game ini. Salah seorang guru juga  menyebutkan bahwa sebelumnya anak-anak kesulitan dalam menghapal hal baru. Namun dengan media edukasi board game BOGABITA ini ternyata memudakan siswa tunagrahita dalam mempelajari hal-hal baru,” jelas Salma.

3. Dapat digunakan oleh semua penyandang disabilitas tunagrahita

Mahasiswa UNS Ciptakan Board Game untuk Siswa Tunagrahitaparenting.firstcry.com

Salma berharap agar board game BOGABITA ini dapat diaplikasikan secara luas bagi anak-anak tunagrahita lainnya. Sehingga dapat memudahkan mereka untuk belajar dan memahami kebhinekaan dan ke-Indonesiaan dengan cara yang edukatif dan kreatif.

Media edukasi tersebut dinilai dapat memberikan wawasan tentang Indonesia,sekaligus betujuan untuk mengenal lebih dalam tentang ke-Indonesiaan.

Baca Juga: Kejurnas Pencak Silat Virtual 14 Perguruan Tinggi, UNS Sabet 7 Medali

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya