SPBU Balapan Terapkan Green Energy Station Sejak 2021, Hemat per Bulan

Penghematan mencapai Rp1 juta

Surakarta, IDN Times - SPBU Pertamina 4457124 Balapan, menjadi SPBU pertama di Kota Solo yang menerapkan green energy station (GES). Melalui pemasangan solar panel, SPBU yang berada ditengah Kota Solo tersebut bisa menghemat tagihan listrik hingga Rp1 juta per bulan.

1. Pemasangan sejak tahun 2021

SPBU Balapan Terapkan Green Energy Station Sejak 2021, Hemat per BulanPemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Green Energy Station (GES). (Dok. Pertamina)

Manager SPBU Pertamina 4457124 Balapan, Wahyu Putra Jatmiko saat dihubungi oleh IDN Times mengatakan, jika pemasangan green energy station (GES) dilakukan sejak tahun 2021 lalu.

Pihaknya mendapat tawaran dari Pertamina untuk melakukan pemasangan instalasi GES dilakukan dengan menggunakan panel surya sebagai sumber tenaga listrik.

"Ya dulu tahun 2021 itu kita awal mula Pertamina menawari akan adanya pemasangan solar panel, kemudian kami juga sudah menerima sosialisasi dari Pertamina Power Indonesi (PPI) tentang biayanya kemudian untung rugi apa dan sebagainya," kata Wahyu, Minggu (5/11/2023).

Baca Juga: Produksi Biogas Sejak 2010, Desa Sruni Jadi Kampung Iklim Pertamina

2. Bisa hemat tagihan listrik

SPBU Balapan Terapkan Green Energy Station Sejak 2021, Hemat per BulanIlustrasi listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Dengan pemasangan instalasi panel surya tersebut, Wahyu mengaku bisa menghemat daya listrik hingga Rp1 juta. Ia mengatakan jika SPBU miliknya mengambil paket pemasangan panel surya sebesar 8 Kwh.

"Dari penawaran itu, dengan apa yang disampaikan oleh PT Pertamina Power Indonesia (PPI), maka pemilik kami tertarik dan kami memilih itu karena tujuannya memang bisa menghemat tagihan listrik yang umunya misalkan Rp5 juta paling tidak Rp1 juta bisa mengurangi tagihan PLN-nya," jelasnya.

Wahyu menjelaskan SPBU Pertamina Balapan menginvestasikan kurang lebih Rp85 juta untuk pemasangan 16 panel surya berukuran 8×10 meter persegi yang dipasang di atap kantor.

"Kalau pemasangan panel surya ini dibawah PPI," imbuhnya.

3. Keuntungan terapkan GES

SPBU Balapan Terapkan Green Energy Station Sejak 2021, Hemat per BulanANTARA FOTO/Reno Esnir

Selama kurang lebih dua tahun memasang instaslasi panel surya, Wahyu mengaku mendapat banyak keuntungan. Selain bisa menghemat tagihan listrik setiap bulannya. Pertamina juga membantu mem-branding SPBU Balapan menjadi stasiun pengisian bahan bakar listrik.

"Keuntungannya dengan pemasangan panel surya ini secara tidak langsung mempromosikan SPBU kami sudah eco green dan standarnya sudah dipenuhi dan berbeda dengan SPBU yang lain," jelasnya.

"Kedua, dari stardar yang berbeda itu kemudian Pertamina juga secara bisnis kami mendapatakan benefit yang lebih dari Pertamina," imbuhnya.

Sementara itu, ditanya soal kendala yang dihadapi usai pemasangan panel surya tersebut, Wahyu mengaku tidak mendapat kendala, terlebih perawatannya pun terbilang mudah.

"Sejauh ini tidak ada ada kendala. Perawatan sejauh ini sepanjang tidak tertimpa sesuati benda keras tidak masalah," pungkasnya.

Perlu diketahui, SPBU Pertamina memiliki tiga warna yang berbeda. Setiap warna SPBU Pertamina ternyata mempunyai fasilitas dan produk layanan yang berbeda sesuai dengan jenis minyak yang dipasarkan, ada warna merah, hijau dan biru.

Baca Juga: [FOTO] Pertamina SMEXPO Semarang yang Bikin Girang UMKM Binaan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya