Survei Prabowo Unggul, Gibran Ngaku Sudah Lakukan Instruksi Partai

Survei Kompas Prabowo menang head to head atas Ganjar 

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menanggapi hasil survei Litbang Kompas terkait elektabilitas bakal calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto saat head to head dengan Ganjar Pranowo dan Anies Bawedan.

Gibran, mengaku jika dirinya telah melakukan langkah untuk menaikkan elektabilitas Ganjar adalah dengan menempel stiker bakal calon presiden dari PDI-P di rumah-rumah warga.

Baca Juga: Survei: Prabowo Kandaskan Ganjar dan Anies Lewat Head to Head

1. Lakukan penempelan stiker

Survei Prabowo Unggul, Gibran Ngaku Sudah Lakukan Instruksi PartaiGibran lakukan penempelan stiker Ganjar. (Dok/Istimewa)

Ditemui di kantor Balaikota Solo, Senin (21/8/2023), Gibran mengatakan jika sudah melakukan cara untuk menaikkan elektabilitas Ganjar. Yakni dengan blusukan ke warga sembari melakukan penempelan stiker pada Sabtu (19/8/2023) lalu. Gibran menambahkan, pemasangan stiker Ganjar dilakukan seizin pemilik rumah.

"Ya kuwi gek wingi wis tak lakukan (yaitu kemarin sudah saya lakukan). Sesuai instruksi partai (memasang stiker Ganjar)," katanya.

"Itu kita lakukan seizin yang punya rumah. Saya melakukan itu di depan yang punya rumah. Kalau yang punya rumah mengizinkan baru kita pasang. Kalau nggak (diizinkan) yang nggak (dipasang)," imbuhnya.

2. Rutin ikuti kegiatan partai

Survei Prabowo Unggul, Gibran Ngaku Sudah Lakukan Instruksi PartaiGibran memakai baju hitam putih saat jalan sehat di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Ditanya soal efektifitas pemasangan stiker, terhadap kenaikan elektabilitas Ganjar, Gibran tak ingin berspekulasi, ia justru meminta untuk mengamati hasil survei ke depannya.

"Ya nanti dilihat saja surveinya naik apa turun. Entar kelihatan juga. Saya hanya mengikuti arahan partai menempel stiker (Ganjar)," ujar putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut.

Di samping menempel stiker Ganjar, Gibran juga rutin mengadakan kegiatan jalan sehat setiap Minggu pagi bersama Ketua DPC PDI-P dan bacaleg PDI-P. Kegiatan berjalan sekitar satu bulan ini selalu diikuti puluhan ribu orang.

"Tiap Minggu pagi kita jalan sehat orangnya puluhan ribu juga. Kita sudah sesuai instruksi partai. Rutin (dilaksanakan)," terang Gibran.

3. Hasil survei Litbang Kompas.

Survei Prabowo Unggul, Gibran Ngaku Sudah Lakukan Instruksi PartaiGanjar Pranowo dan Gibran Rakabuming. (IDN Times/Larasati Rey)

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas pada 27 Juli-7 Agustus 2023 menunjukkan, elektabilitas bakal calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto unggul saat head to head dengan Ganjar Pranowo dan Anies Bawedan. "Hasil survei menunjukkan terjadinya akumulasi perolehan suara untuk Prabowo dalam skema head to head, dua calon berhadapan," tulis Litbang Kompas, dikutip dari Harian Kompas edisi Senin (21/8/2023).

Berdasarkan hasil survei, jika pemilihan presiden digelar saat survei dilaksanakan dan Ganjar berhadapan dengan Prabowo, hasilnya Prabowo unggul atas Ganjar. Survei menunjukkan, dalam skema tersebut, Prabowo memperoleh 52,9 persen, sedangkan Ganjar 47,1 persen.

Sedangkan jika, Prabowo berhadapan dengan Anies, Ketua Umum Partai Gerindra itu juga unggul, bahkan selisihnya lebih lebar. Hasil skema itu, elektabilitas Prabowo 65,2 persen dan Anies 34,8 persen,

Sedangkan, Anies head to head dengan Ganjar. Survei menunjukkan, elektabiltas Ganjar 60,1 persen dan Anies 39,9 persen jika keduanya berhadapan.

Baca Juga: Berbalik Dukung Prabowo, PAN Minta Kadernya Gak Usah Baperan di Pilpres 2024

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya